Strategi Usaha Mikro Kecil (UMK) Kuliner Menghadapi Pandemi Covid-19 di Jakarta

Authors

  • Dewi Ayu Kusumaningrum Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata
  • Nicolaus Dwi Pangestu Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata
  • Desy Yolanda Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata
  • R. Hidayat Oentoro Putra Prodi Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Sahid Pariwisata

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i6.14536

Keywords:

strategi, usaha, UMK, kuliner, pandemi

Abstract

Tujuan penelitian ingin mengetahui secara menyeluruh bagaimana strategi UMK kuliner di Jakarta menghadapi pandemi Covid-19 mulai dari analisis lingkungan eksternal dan internal usaha, perencanaan strategi, tahap implementasi, serta evaluasi yang dilakukan UMK di masa pandemi. Penelitian kualitatif dengan narasumber UMK kuliner di Jakarta yang bersedia diwawancara serta beberapa konsumen UMK. Hasil penelitian didapatkan analisa internal UMK “IKAN-IKAN†, UMK “MIE AYAM ALAY†, UMK “CONGFAN†, UMK “BAKSO SAPI WARBAKS DAAN MOGOT†memiliki produk kuliner siap saji yang umum dan populer di wilayah Jakarta. Di masa pandemi stategi produk inovasi variasi produk frozen. Lebih memfokuskan peningkatan kebersihan dan pengemasan produk. Analisa internal sumber daya manusia berasal hubungan kekeluargaan yang dianggap lebih kuat bertahan. Strategi UMK meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengikuti beragam pelatihan di masa pandemi.Terkait harga produk kuliner tetap sama di masa pandemi. Terkait promosi pemasaran UMK membuat strategi menambah porsi promosi pemasaran usaha secara online, mengunakan media sosial dan aplikasi layanan pesan antar online yang kenyataannya konsumen dan pelaku usaha kuliner sangat terbantu dengan adanya aplikasi online, mengalami peningkatan yang pesat dan lebih terkenal di saat pandemi berkat bantuan media daring aplikasi layanan pesan antar.

 

Kata kunci:  Strategi; Usaha; UMK; Kuliner; Pandemi

References

BPS RI. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan : Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, M. H. (2020). Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi UMKM. Eco-Entrepreneur Vol 6, No 1 , 34-42.

Andayana, M. N. (2020). Perubahan Prilaku Konsumen Dan Eksistensi UMKM Di Era Pandemi Covid-19. Glory : Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial. Vol 1 No 2, 39-50.

BPS RI. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. Jakarta: BPS RI.

Chasanah, A., Jahroh, S., & Dewi, F. (2021). Digital Marketing Changes Of Micro-Small Enterprises Before And During Covid-19 Pandemic In Bogor, Indonesia. Business Review and Case Studies, Vol. 2 No. 1, April 2021, 1-9.

Dewi, M. C. (2021). Pemanfaatan Teknologi Bagi UMKM Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Mozaik Vol 12 No 2, 11-19.

Egim, A. S., Atsarina, A., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2021). Model Pengembangan Usaha Rendang Melalui Inovasi Produk & Akses Permodalan Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Kota Padang. Bisnis Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4, No 1 .

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. ( 2016 ). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol.1, No.1, 31-40.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. ndonesian Journal of Social Sciences and Humanities Vo.1 No.2, 87-95.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal EKSEKUTIF Volume 15 No. 1 , 133.

Husen, A. (2012). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kota Ternate. JESP Jurnal Ekonomi Studi Pembangunan Vol.4 No.2 , 273.

Hutahaean, H. (2020). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhipendapatan Usaha Kecilmenengah (UKM) Masa Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Deliserdang. JOURNAL ECONOMICS AND STRATEGY Vol 1 no 1, 1-10.

Imanuel, T. H. (2021). Analisis faktor bauran pemasaran pada penjualan kedai kopi dalam masa pandemi COVID-19 (studi kasus MP COFFEE). Jakarta: Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan.

Kusumaningrum, D. A., Hurdawaty, R., & Yenny, M. (2020). Business Optimism in COVID-19 Pandemic Period in Indonesia. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 2020 - Volume 8 , Issue 3, 13-22.

Lengkong, J. R., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Umk Beebeebless Collection Di Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 6(98), 98.

Magfiroh, N., & Rizqi, M. N. (2020). Pemanfaatan Informasi Teknologi Dalam Pengelolaan Bisnis Pada UMK Kulit Sapi Dan Kambing Di Kecamatan Gunungputri. Jurnal program Mahasiswa Kreatif Vol.4 No.2 , 133-141.

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 10 No. 1 , 23-37.

Muzaki, A. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tokopedia (Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Lumajang). Lumajang: STIE Widya Gama Lumajang, Study Program of Management.

Natalia, L. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Profitabilitas Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Makassar. OSF Preprints.

Ongkorahardjo, E. P. (2015). Formulasi Strategi Usaha Makanan Ringan Tradisional Ny. Gan Di Surabaya. AGORA Vol. 3, No. 2,, 665.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah . Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional: Edisi Khusus, 59-64.

Permana, D. J. (2015). Analisis peluang bisnis media cetak melalui pendekatan bisnis model canvas untuk menentukan strategi bisnis baru. Faktor Exacta Vol.6.No.4, 309-319.

Rahmad, R. (2021). Implementasi Digital Capital Pada Usaha Mikro Kecil (UMK) Kuliner Kopi Di Kota Padang Pada Masa Pandemi. Padang: Doctoral dissertation, Universitas Andalas.

Risnawati, N. (2018). Profil UMK, Permasalahan Dan Upaya Pemberdayaannya Di Kabupaten Sumedang. Coopetition Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.9, No.1, 13-29.

Rohman, L. L., & Andadari, R. K. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 pada Usaha Rumah Tangga dan Strategi Bertahan (Studi pada Usaha Produksi Olahan Makanan di Salatiga). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5 no.1, 82-90.

Rosmadi, M. L. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2, 87-94.

Rukmana, A. Y., & Sukanta, T. A. (2020). Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahanpada Industri Mikro dan Kecil PangananKeripikKemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi) Volume 12No.1 /Mei/2020, 37-53.

Setiawan, A., Supriyono, & Setiaji, P. (2021). Meningkatkan Area Pemasaran UMKM Pisau Desa Hadipolo dengan Penjualan Online di Masa Pandemi COVID 19. Muria Jurnal Layanan Masyarakat Vo 3 No 1.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.10, No.2, 342-362.

Siagian, M., Kurniawan, P. H., & Hikmah. (2019). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja UMKM di Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2. No 2, 265.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos,Vol. 6, No.1 , 54.

Wardani, D. K., & Isbela, P. D. (2017). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Fakultas Bisnis UKDW Vol 13, No 2, 91-106.

Widnyani, N. M., Astitiani, N. L., & Putri, B. C. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada UKM Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 6 No. 1, 79-87.

Wijaya, B., Wijaya, A., & Kurniawan, R. (2014 ). Pengaruh Sikap Yang Baik, Integritas, Loyalitas Dan Kepercayaan Terhadap Suksesi Pada Bisnis Keluarga Berbasis Family Owned Enterprise (Foe) Generasi Pertama. Jurnal Business Management, Vol.14, No.1, 1-11.

Zulhijahyanti, Safira, Saputri, & Permana. (2021). Strategi Mempertahankan Usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Masa Pandemi Covid19. Inovasi Vo.8 No.1, 21-29.

Anomsari, M. A. (2011). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, Dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kawasan Usaha Barito Semarang). Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011) (pp. 1-8). Semarang: Dian Nuswantoro University.

Wardoyo, P., Rusdianti, E., & Purwantini, S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis Umkm Di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang. Proceeding Seminar Nasional & Call for Papers (SCA 5) Vol 5, No 1 (2015). Purwokerto: FEB UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Kusumaningrum, D. A., Pangestu, N. D., Yolanda, D., & Putra, R. H. O. (2021). Strategi Usaha Mikro Kecil (UMK) Kuliner Menghadapi Pandemi Covid-19 di Jakarta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(6), 551–565. https://doi.org/10.32493/drb.v4i6.14536

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.