Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus PT Kreasi Mas Indah)

Authors

  • Ahmad Maulana Irfanudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • R Andalusi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • I Jamil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20144

Keywords:

Brand, Promosi, Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian studi kasus PT Kreasi Mas Indah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, deskriptif kausal. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji kualitas data berupa validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik berupa normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas dan autokorelasi, uji regresi linier berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Promosi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji F diperoleh Brand Awareness dan Promosi secara simultan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Keputusan Pembelian, berdasarkan nilai f-hitung sebesar 630,862 < dari f-tabel sebesar 2,70. 

References

A, B. A., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Peacock Coffee Di Jalan Gajah Mada Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 98-107.

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari Alma, (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

Claudia Muslimawati, Sunarto S, Wardani D.K.(2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Dengan Merek Aqua Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2)

Fandy Tjiptono, (2008). “Strategi Pemasaranâ€. Yogyakarta.:Andi.

Faroh. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Kreatif: Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2),3-24

Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8)â€. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2017). “Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24â€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2005), “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Semarang: BP Undip Semarang.

Irfanudin, A. (2020). “Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategiâ€. CV. AA. RIZKY. Banten.

Jeffrey K. Liker, Michael Hoseus (2008) Toyota Culture : Jantung dan Jiwa Toyota, Toyota Way, Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2013). “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2013), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.

Rangkuti, Freddy. (2016). “Riset Pemasaranâ€. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lewis, Pamela S. Stephen H. Goodman, Patricia M. Fondt, (2004), Management; Challenges For Tomorrow’s Leaderâ€, McGraw Hill

Nasution, M.N, (2004), Manajemen Jasa Terpadu, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta

Rachmawati, S., & Andjarwati, A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29. doi:10.19184/ejeba.v7i1.14849

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani (2008), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Riduwan, (2010), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta Bandung

Sugiyono, (2012), “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta.Bandung.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung:PT Alfabet.

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Irfanudin, A. M., Andalusi, R., & Jamil, I. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus PT Kreasi Mas Indah). Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(3), 237–247. https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.