Analisis Kualitas Layanan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Saring Whatman Di PT Laborindo Sarana
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.8441Keywords:
Filter Paper, Service Quality, Purchase DecisionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap Keputusan pembelian produk kertas saring merk Whatman pada PT Laborindo Sarana. Metode yang digunakan adalah metode kausal deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan metode sensus, dengan total responden sekaligus populasi sebanyak 112 orang. Metode analisis dalam pengelolaan data adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil uji validitas untuk Kualitas layanan didapatkan nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel. Nilai rtabel diperoleh dengan rumus df = n-k (112-1 = 111) dengan taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan semua variabel dalam penelitian ini adalah valid. Hasil penelitiaan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dengan persamaaan regresi Y = 8,729- 0,294X. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,294 yang mengindikasikan Kualitas layanan terhadap Keputusan Pembelian memberikan kontribusi sebesar 29,4%, sisanya dijelaskan oleh vaiabel lain diluar penelitian ini, Hasil Uji hipotesis thitung > ttabel sebesar 4,018> 1,659, dan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan sigifikan, kualitas layanan terhadap keputusan pembelian produk kertas saring whatman.
Kata Kunci: Kertas saring; Kualitas Layanan; Keputusan Pembelian
References
Agustina Vina,Yoestini.2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan ,dan Nilai Pelanggan dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglo Semar Bus. Journal Of Management. Volume 1 No 1. Hal 1-11 : Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Ariawan, Iwan, 1998. Besar dan Metode Sampel Pada Penelitian Kesehatan. Jurusan Biosatistik dan Kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Ghozali, 2005, Analisis Multivariant dengan Program SPSS, UNDIP, Semarang.
Irfanudin, Ahmad. 2020. “Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategiâ€. CV. AA. RIZKY. Banten.
Kementerian Kesehatan, 2010. Kurikulum Pendidikan Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.
Kementerian Kesehatan, 2013. Profil Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.
Kementerian Kesehatan, 2015. Profil Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.
Kementerian Kesehatan, 2011. Petunjuk Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lovelock and Wright. 2011. Principle of Service Marketing and Management.Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. USA.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.
Nitisemito, A.S. 2000. Marketing. Cet.Keenam, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Parasuraman, Valarie A. Zheitaml and Leonard L. Berry 1998 . Reassesment of expectation as a comparison standard in measuring service quality: Implication for further research. Journal of Marketing. Chicago. Vol.58, No. 1
Yunita, Irma. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Brand Imange terhadap Loyalitas Pemasang Iklan di PT Radar Banten dan Pesaingnya. Thesis.Universitas Esa Unggul. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.