Pengaruh Faktor Pribadi terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung ke Kantin Yuank Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21695Keywords:
Faktor Pribadi, Keputusan, Konsumen BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau apakah variabel faktor pribadi berkaitan terhadap keputusan konsumen berkunjung di Kantin Yuank Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Kantin Yuank Kota Bima. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisa data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, regresi linier dan uji hipotesis (uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen berkunjung. hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pribadi konsumen yaitu usia, pekerjaan, kondisi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen berkunjung di Kantian Yuank Kota Bima. Hal ini berarti jika terdapat variabel faktor pribadi maka akan turut serta meningkatkan keputusan konsumen berkunjung.
References
Amalia, Firda, 2011, Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Penambah Tenaga Merek M-150 di Semarang.
Anjar Hari, 2011. Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Afif Zamroni, 2016, Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent Pada Konsumen Indomaret Plus Di Jalan M. Yamin Samarinda, eJournal Administrasi Bisnis, Vol 4 No 4
Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Chris Fiil & Kelly. 2011. Marketing. New York: Oxford. University Press.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Frendy. 2011: Metode Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta. Salemba Empat
Galih Aprilian Susanti, 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian Ipteks. No.2 Vol. 2.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Juli E.S Towoliu. 2017. Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2
Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath
Maharani. Y.t & Zaini. A. 2016. Pengaruh Kualitas Kepercayaan dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. (Studi pada Distro Redzone T-Shirt Maker) Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB) Vol.2 No.1
McDan iel, C., Lamb, C. W., and Hair, J. F. Jr., 2011. Introduction to Marketing, 11th SouthWestern, Cengage Learning, China.
Prilando Dwi, Marieta. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Leggen Coffy. Jurnal Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Pristanto, 2016. Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Jurnal Derivatif Vol. 10 No. 1
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.