Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.30468Keywords:
Daya Tarik Iklan, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari daya tarik iklan, kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli di e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi subjek penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-commerce Shopee di Kota Batam dengan teknik penentuan sampel menggunakan rumus Lameshow yang menghasilkan 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menganalisis data dengan metode analisis data uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa daya tarik iklan memiliki pengaruh sebesar 23,0% terhadap minat beli. Kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 29,5% terhadap minat beli, sementara kepercayaan konsumen memiliki pengaruh sebesar 21,1% terhadap minat beli. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa daya tarik iklan, kualitas produk serta kepercayaan konsumen dapat menjelaskan 69,3% minat beli di e-commerce Shopee. Hasil temuan dari pengujian secara parsial maupun simultan, daya tarik iklan, kualitas produk serta kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di e-commerce Shopee.
References
Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370–1379. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Efendi, J., & Kusnawan, A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Konsumen Brand X . Eight Pada Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Program Studi Manajemen ). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2).
Efendi, U., Agnesia, A., Gunawan, Usman, M., Radhiana, & Permana, F. A. (2021). HUBUNGAN PERSEPSI HARGA DAN DAYA TARIK IKLAN ONLINESHOP DENGAN MINAT BELI MELALUI MEDIA SOSIAL PASCA PANDEMIK COVID-19. 2, 1–141.
Haqiqi, N., & Widwi, H. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat beli konsumen Di Perkebunan Sayuran Andritani Farmkabupaten Cianjur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 717–729. file:///E:/jurnal seminar proposal/jurnal fix/minat beli/1514-Article Text-4471-publish.pdf
Karmilah, S., Hamdani, I., & Yono, Y. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Keripik Singkong Wahana Snack. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 762–773. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.2066
Nisak, H., & Sukaris. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen , Promosi Media Sosial Dan Celebrity Endoser Terhadap Minat Beli. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 138–148.
Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920.
Nyio, J. G., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2022). Pengaruh Iklan Online, Kualitas Produk Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli (Studi Pada Konsumen Bag Store Manado). Jurnal EMBA, 10(4), 1835–1846. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/44475
Pohan, M. M., & Sukmal, J. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli (Studi Pada Smartphone Merk Oppo). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 02(01), hal. 13-17.
Ramadhan, H. I., & Saputra, A. D. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT HIJRAH INSAN KARIMA BEKASI. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10(3).
Rozi, A. F., & Nasikan. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan ,Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Produk Batik Tulis Mutiara Sendang Lamongan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 126–140. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9050
Sari, F. W., Zaroni, A. N., & Fadhilah, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan , Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli E-Commerce Tokopedia ( Studi Kasus Generasi Muslim Millenial. BORNEO ISLAMIC FINANCE AND ECONOMICS JOURNAL, 2(2), 1–14.
Sarjita. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Situs Olx. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(1), 69–82. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/90/103
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air The Influence of Advertising Attractiveness and Brand Image on Purchase Intention and Its Impact on Airline Purchasing. 05, 110–119.
Wahyuni, C., Siregar, Z. M. E., & Rambe, B. H. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Secara Online Di Kalangan Mahasiswa Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Universitas Labuhanbatu). Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1669–1676.
Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.