Probabilitas Konsumen Membeli Raket Li-Ning Terhadap Pesaing Raket Yonex Berdasarkan Aspek Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk (Studi pada Toko Raket Murah Surabaya)

Authors

  • Maulita Nadya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Lisa Sulisyawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10484

Keywords:

Probability, Brand Image, Price, Product Quality, Consumer Decisions

Abstract

Probabiltas adalah suatu ukuran tentang kemungkinan suatu peristiwa akan terjadi dimasa yang akan datang. Li-Ning dan Yonex merupakan merek raket yang terkenal di kalangan pecinta olahraga Bulutangkis, yang dibedakan oleh label. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas marjinal raket Li-Ning dan raket Yonex, probabilitas bersama raket Li-Ning dan raket Yonex dan probabilitas bersyarat raket Li-Ning terhadap pesaing raket Yonex berdasarkan aspek citra merek, harga dan kualitas produk. Jenis metode penelitian adalah kuantitatif. Teknik sampel yaitu sampling kuota dan sampling purposive. Teknik analisis data  adalah analisa probabilitas. Ditinjau dari hasil probabilitas marjinal, disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas konsumen membeli raket Li-Ning dan raket Yonex karena kualitas produk sebesar 0,80. Ditinjau dari probabilitas bersama konsumen raket Li-Ning disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas konsumen yang membeli raket Li-Ning karena kualitas produk sebesar 0,96. Sedangkan konsumen raket Yonex, bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas yang membeli raket Yonex karena citra merek yaitu sebesar 0,74. Jika ditinjau dari probabilitas bersyarat, disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas raket Li-Ning terhadap pesaing raket Yonex karena kualitas produk sebesar 0,96.

 

Keywords:  Probabilitas; Citra Merek; Harga; Kualitas Produk; Keputusan Konsumen

References

Algifari. 1996. Probabilitas Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE

Awaludin, Imam dan Emi Maimunah. 2016. Pengantar Statistika Ekonomi, Lampung: AURA.

Budiono dan Wayan Koster.2004. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hayter, Anthony J. 2012. Probabilty Statistic for Engireers and Scienties. 4th edition, Cengage Learning, Chapter 22.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12 th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing New, Publishing as Prentice Hall.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2020. Pemasaran. Yogyakarta. CV. ANDI

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. ANDI.

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Nadya, M., & Sulisyawati, L. (2021). Probabilitas Konsumen Membeli Raket Li-Ning Terhadap Pesaing Raket Yonex Berdasarkan Aspek Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk (Studi pada Toko Raket Murah Surabaya). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 252–258. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10484

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.