Probabilitas Konsumen Membeli Raket Li-Ning Terhadap Pesaing Raket Yonex Berdasarkan Aspek Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk (Studi pada Toko Raket Murah Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10484Keywords:
Probability, Brand Image, Price, Product Quality, Consumer DecisionsAbstract
Probabiltas adalah suatu ukuran tentang kemungkinan suatu peristiwa akan terjadi dimasa yang akan datang. Li-Ning dan Yonex merupakan merek raket yang terkenal di kalangan pecinta olahraga Bulutangkis, yang dibedakan oleh label. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas marjinal raket Li-Ning dan raket Yonex, probabilitas bersama raket Li-Ning dan raket Yonex dan probabilitas bersyarat raket Li-Ning terhadap pesaing raket Yonex berdasarkan aspek citra merek, harga dan kualitas produk. Jenis metode penelitian adalah kuantitatif. Teknik sampel yaitu sampling kuota dan sampling purposive. Teknik analisis data adalah analisa probabilitas. Ditinjau dari hasil probabilitas marjinal, disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas konsumen membeli raket Li-Ning dan raket Yonex karena kualitas produk sebesar 0,80. Ditinjau dari probabilitas bersama konsumen raket Li-Ning disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas konsumen yang membeli raket Li-Ning karena kualitas produk sebesar 0,96. Sedangkan konsumen raket Yonex, bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas yang membeli raket Yonex karena citra merek yaitu sebesar 0,74. Jika ditinjau dari probabilitas bersyarat, disimpulkan bahwa probabilitas tertinggi adalah probabilitas raket Li-Ning terhadap pesaing raket Yonex karena kualitas produk sebesar 0,96.
Keywords: Probabilitas; Citra Merek; Harga; Kualitas Produk; Keputusan Konsumen
References
Algifari. 1996. Probabilitas Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE
Awaludin, Imam dan Emi Maimunah. 2016. Pengantar Statistika Ekonomi, Lampung: AURA.
Budiono dan Wayan Koster.2004. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hayter, Anthony J. 2012. Probabilty Statistic for Engireers and Scienties. 4th edition, Cengage Learning, Chapter 22.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12 th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing New, Publishing as Prentice Hall.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2020. Pemasaran. Yogyakarta. CV. ANDI
Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.