Pengaruh Kepercayaan, Daya Saing dan Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek di Kota Batam

Authors

  • Anjelita Novita Sari Siburian Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam
  • Inda Sukati Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.31255

Keywords:

Kepercayaan, Daya Saing, Ketepatan Waktu, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, daya saing dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Gojek di Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mencari hubungan kausal yang bersifat asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Batu Aji yang pernah menggunakan layanan aplikasi Gojek. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 204 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, daya saing dan ketepatan waktu secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Gojek di Kota Batam.

 

Author Biography

Anjelita Novita Sari Siburian, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam

Mahasiswi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

References

Diantari, N. K. S., Suartina, I. W., & Oktarini, L. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek Di Denpasar Barat). Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1321–1329. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14133

Fausi, A. (2019). Identifikasi Kualitas Pelayanan Pada Transportasi Gojek (Studi Kasus Go-Jek Palembang).

Iyonda, M., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Daya Saing dan Kepuasan Pelanggan pada Biro Jasa Perjalanan M Trans Wonosobo. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(01), 169–177.

Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Khairunnisa, L., Sarsono, & Mursito, B. (2021). Kepuasan pelanggan ditinjau dari kenyamanan,keamanan dan ketepatan waktu. Forum Ekonomi, 23(2), 194–198.

Nugroho, W. P., Wulansari, S., & Inayah, C. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pada Kepuasan Pelanggan Yang Disediakan Oleh Jasa Transportasi Gojek Di Magelang. Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, 499–517.

Puspitasari, T. I. (2021). Pengaruh Daya Saing, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Kompetitif Terhadap Pelanggan Kepuasan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Kara Esthetique Jakarta). REPOSITORY STIE JAKARTA, 1–3. http://repository.stei.ac.id/6485/

Rahmadhiansyah, R. A., & Suwitho, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Konsumen Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(10). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4957

Ridho, F., Hartono, S., & Istiqomah, I. (2021). Easy, Quality of Service, and Timeliness of Delivery to Customer Satisfaction. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 184–191. https://doi.org/10.36555/almana.v5i2.1552

Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi harga dan kepercayaan konsumen untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2), 323. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2078

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi (A. Cristian (ed.)). Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Siburian, A. N. S., & Sukati, I. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Daya Saing dan Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek di Kota Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 584–595. https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.31255

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.