Perilaku Kewirausahaan Perusahaan: Studi Kasus pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) “Schmiley Moâ€
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.24816Keywords:
Kewirausahaan Perusahaan, Perilaku Kewirausahaan Perusahaan, UKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang model inovasi, eksplorasi, dan evaluasi peluang kewirausahaan serta pengambilan risiko sebagai bentuk kesediaan untuk berkomitmen pada tingkat sumber daya yang signifikan untuk mengejar peluang pada UKM Schmiley Mo sebagai bentuk perilaku kewirausahaan perusahaan atau corporate entrepreneurship behaviour pada UKM Schmiley Mo. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai perilaku Corporate entrepreneurship atau Corporate entrepreneurship Behaviour pada UKM Schmiley Mo. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan literatur terkait, observasi, dan wawancara dengan narasumber Diana Rikasari sebagai pendiri Schmiley Mo. Schmiley Mo berhasil menjadi salah satu UKM lokal yang go international melalui kemampuan iwearup dalam berinovasi, eksplorasi, dan evaluasi peluang kewirausahaan serta pengambilan risiko sebagai bentuk corporate entrepreneurship behaviour.
References
Antoncic, B. & R.D. Hisrich. (2001) "Intrapreneurship: Construct refinement and cross-cultural validation." Journal of Business Venturing, 16: 495-527.
Casson. (1982). The entrepreneur. Totowa: Barnes & Noble Books.
Choi, Y.R. and Shepherd, D.A. (2004) Entrepreneurs’ Decisions to Exploit Opportunities. Journal of Management, 30, 377-395. https://doi.org/10.1016/j.jm.2003.04.002
Covin. (1991). A conceptual model of entrepreneurship as firm behavior. Entrepreneurship Theory and Practice, 7-25.
Creswell, J. W. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Bismala. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 5(1).
Eisenhardt, K. M., & Brown, S. L. (1998). Competing on the edge: Strategy as structured chaos. Long Range Planning: International Journal of Strategic Management, 31(5), 786–789. https://doi.org/10.1016/S0024-6301(98)00092-2
Floyd. (2000). Strategizing throughout the organization: Managing role conflict in strategic renewal. Academy of Management Review, 154-177
Idxchannel. (2022, February 6). Begini Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia! https://www.idxchannel.com/. https://www.idxchannel.com/economics/begini-pentingnya-peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia
Ireland, R. D., Hitt, M. A., & Sirmon, D. G. (2003). A model of strategic entrepreneurship: The construct and its dimensions. Journal of Management, 29(6), 963-989. https://doi.org/10.1016/s0149-2063_03_00086-2
Jauhari. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, 2(1), 159-168.
Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online] http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20 Tantangan% 20UKM%20di%20Tengah%20Krisis%20Global.pdf
Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/
Mengenal Lebih Jauh Pengertian UKM, Contohnya, Dan tips Mengembangkannya. (2020, April 28). Accurate Online. https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-ukm/
Mitchell, R.K., L. Busenitz, T. Lant, P.P. McDougall, E.A. Morse & J.B. Smith. (2004) "The distinctive and inclusive domain of entrepreneurial cognition research." Entrepreneurship Theory and Practice, 29(2): 505-518.
Mulyanto. (2013). Dimensi Corporate Entrepreneurship Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 4(2).
Official, K. G. (2021, May 11). Kian Meroket, UMKM Indonesia Semakin Dikenal Di mata Dunia. Good News From Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/05/11/kian-meroket-umkm-indonesia-semakin-dikenal-di-mata-dunia
Parpanji, M. (2016). Entrepreneurial Behavior and Corporate Entrepreneurship. Research Journal of Management Reviews, 2(6), 326–331. Sakhdari, K. (2016). Corporate Entrepreneurship: A Review and Future Research Agenda. Journal Technology Innovation Management Review, 6(8), 479–551.
Shane, S. & S. Venkataraman. (2000) "The promise of entrepreneurship as a field of research." Academy of Management Review, 25(1): 217-228.
Verbeke, A., J.J. Chrisman & W. Yuan. (2007) "A note on strategic renewal and corporate venturing in the subsidiaries of multinational enterprises." Entrepreneurship Theory and Practice, 31(4): 585-600.
Whello_umkm. (2022, July 21). 6 Produk UKM Indonesia Yang Berhasil go international. Dewan UKM Sumut. https://ukmsumut.id/bisnis-ukm/produksi-umkm/produk-ukm-indonesia-go-international/
Whitney, F. (1960). The Elements of Research (Asian Edition). Osaka: Overseas Book Co.
Zahra, S.A. & J.G. Covin. (1995) "Contextual influences on the corporate entrepreneurship-performance relationship: A longitudinal analysis." Journal of Business Venturing, 10: 43-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.