Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.31279Keywords:
Gender, Latar Belakang Orang Tua, Latar Belakang Pendidikan, Efikasi Diri, Intensi BerwirausahaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gender, latar belakang orang tua, latar belakang pendidikan, dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa SMK di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 379 responden. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara serta angket atau kuesioner. Metode pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, metode analisis data menggunakan pengujian regresi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian variabel gender dan latar belakang pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan, adapun efikasi diri berpengaruh terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan. Secara simultan variabel efikasi diri dan latar belakang orang tua memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Negeri di Kota Tangerang Selatan terlihat dari nilai probabilitasnya (sig.) ternyata 0,000 < 0,05.
References
Ahmar, M., Oman, U. (, Mohammad, S., & Oman, H. (. (2016). Influence Of Demographic Factors On The Entrepreneurial Intentions Of University Students In Oman. In Investment Management And Financial Innovations (Vol. 13, Issue 1).
Alma, B. (2019). Kewirausahaan (24th Ed.).
Arif Yusuf Hamali, S. S. M. M. (2017). Pemahaman Kewirausahaan. Prenada Media.
Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A. (2020). Manajemen Kewirausahaan. Deepublish.
Gde, A. A., Suarjana, M., Luh, D., Wahyuni, M., Akuntansi, J., Bali, N., Kampus, J., Jimbaran, B., Selatan, K., & -Bali, B. (N.D.). Faktor Penentu Minat Berwirausaha Mahasiswa (Suatu Evaluasi Pembelajaran). In Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 13, Issue 1).
Handaru, A. W., Parimita, W., & Mufdhalifah, I. W. (N.D.). Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, Self Efficacy, Dan Need For Achievement. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.17.2.155-166
Hutasuhut, S. (2018). The Roles Of Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficacy, Family, Education, And Gender On Entrepreneurial Intention. Dinamika Pendidikan, 13(1), 90–105. Https://Doi.Org/10.15294/Dp.V13i1.13785
Kholifah, N., & Nurtanto, M. (N.D.). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea).
Meinawati, N. (2018). Pengaruh Latar Belakang Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Efikasi Diri. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 55–64. Https://Doi.Org/10.17509/Jurnal
Robert D. Hisrich, Michael P Peters, D. A. S. (2017). Entrepreneurship (10th Ed.).
Sudadio. (2016). Model-Based Learning Implementation Of Entrepreneurship In The Framework Of The Establishment Of The Soul Entrepreneur Students Department Non-Formal Education Fkip Untirta. 1, 1–10.
Sugiyono. (2017). ). Metode Penelitian Kuantitatif; Kualitatif; Dan R&D.
Sukmandi. (2016). Inovasi Dan Kewirausahaan: Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Humaniora.
Susilaningsih. (2015). Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.
Taruli Serefina Simatupang S. Pd, M. P. (2021). Intensi Berwirausaha : Sebuah Konsep Dan Studi Kasus Di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit Adab.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.