Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Dede Solihin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Ahyani Ahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.32063

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Pengguna Mobil Wuling di Kota Tangerang Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna mobil Wuling di Tangerang Selatan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sampel diambil sebanyak 95. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Kualitas Produk dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Wuling. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan belum mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh Harga terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan belum mampu memediasi pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan.

References

Adzimah, S.K. (2021). Pengaruh Harga Diskon Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Amanah, D. (2017). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza, Jalan Aksara, Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 3(3), 221–233.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.

Assegaff, S. B., & Pranoto, S. O. (2020). Price Determines Customer Loyalty in Ride-Hailing Services. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(3), 453-463.

Bai, Y., Jia, S., Wang, S., & Tan, B. (2020). Customer loyalty improves the effectiveness of recommender systems based on complex network. Information, 11(3), 171.

Boohene, R., & Agyapong, G. K.Q. (2011). Analysis of the Antecedents of Customer Loyalty of Telecommunication Industry in Ghana: The Case of Vodafone (Ghana), International Business Research. 4(1).

Cardia, D. I. N. R., Santika, W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781.

Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). The Effect of Product Quality, Service Quality, Price on Product Purchasing Decisions on Consumer Satisfaction. Ilomata International Journal of Tax & Accounting (IJTC), 2(1), 61–70.

Cheng, C. C., Chiu, S., Hu, H.Y., & Chang, Y.Y. (2011), A study on exploring the relationship between customer satisfaction and loyalty in the fast food industry: With relationship inertia as a mediator, African Journal of Business Management. 5(13), pp. 5118-5126.

Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1).

Dolarslan, E. (2014). Assessing the Effects of Satisfaction and Value on Customer Loyalty Behaviors in Service Environments. Management Research Review, 37 (8): 706-727.

Eid, M. I. (2011), Determinants of E-Commerce Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty in Saudi Arabia. Journal of Electronic Commerce Research, 12(1).

Fernandes & Adji, A. (2017). The Mediation Effect of Customer Satisfaction in the Relationship between Service Quality, Service Orientation, and Marketing Mix Strategy to Customer Loyalty. Jurnal. Universitas Brawijaya Malang 5(6).

Ghozali, I., & Latan, H. (2017), Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & et al. (2015). Multivariate data analysis (7th ed). Upper Saddle River: Prentice Hall.

Haris, D. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat, 2(2), 125–139.

Hudaya, A. (2021). Forming Customer Loyalty through Factors In. DIJDBM, 2(2), 233–249.

Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1).

Ishaq, M. I. (2012), Perceived Value, Service Quality, Corporate Image, and Customer Loyalty: Empirical Assessment from Pakistan, Serbian Journal of Management 7 (1) 25 – 36.

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 6(1).

Kanta, S. (2014). A Study on Factors Influencing Service Quality in Restaurants. Pezzotaite Journals, 3(2): 19-27.

Karnawi, K. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT. BPR Arta Prima Sejahtera.

Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing to Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit. Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks.

Kusumah, W. (2018) Pengaruh Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016/2017 – 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang), Jurnal, (Malang: Universitas Negeri Malang).

Kusumaningtias, D. A (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi.Salatiga

Kusumasasti, I., Andarwati, & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. EKOBIS –Ekonomi Bisnis, 22(2).

Lenzun, J. J., Adare, J. D., & Decky, M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245.

Madiistriyatno, H., & Nurzaman, F. (2020). The Impact of Product Quality and Price on Consumer Satisfaction of PD Jamu Seduh Utama Pamanukan. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 23(2), 639–643.

Malelak, S. L., Setiawan, B., & Maulidah, S. (2021). Analysis of Marketing Mix on Customer Satisfaction : Empirical Study of Purchasing Decision of East Nusa Tenggara Local Product. Agricultural Socio-Economics Journal, 21(4), 285–292.

Malelak, S. L., Setiawan, B., & Maulidah, S. (2021). Analysis of Marketing Mix on Consumer Loyalty : Empirical Study of Customer Satisfaction of Local Product. International Journal of Business, Technology, and Organizational Behavior (IJBTOB), 1(3), 160–168.

Novianti, E., & Darlius. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108.

Novitawati., Mahfud, A., & Sasongko, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sanger Warung Kopi Aceh Kota Malang. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akutansi. 7(2).

Nurhayati, R. (2011) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia). Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’.

Olivia, G. R., & Ngatn. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada konsumen Maybelline di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(I), 742–752.

Peng, N., & Chen, A. (2015). Diners’ Loyalty toward Luxury Restaurants: The Moderating Role of Product Knowledge. Journal Marketing and Planning. 33(2): 179-196.

Pramesti, M.A., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. 14(2).

Prasada, I.E.A., & Ekawati, N, W. (2018). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Unud. 7(10).

Prinoya, R.W., & Idris (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Paparabun Perfume. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik. 3(2).

Puspitasari, D.A., Nuringwahyu, S., & Zunaid, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Bebek Goreng H. Slamet Soekarno Hatta Kota Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis). 7(3).

Qomariah, N. (2018). Impact of Customer Value, Brand Image and Product Attributes to Satisfaction and Loyalty Tourism Visitors in Jember Regency. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(5–1), 129–135. https://doi.org/10.2478/mjss-2018-0105

Qomariah, N., Fahrurrozi, A., & Rozzaid, Y. (2020). Efforts to Increase Retail Customer Satisfaction. SSRG International Journal of Economics and Management Studies, 7(7), 23–29.

Risnawati, H., Sumarga, H. E., & Purwanto, S. (2019). The Effect of Service Quality Prices and Location of Companies to Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 9(6), 38–43.

Ritonga, R. R., Ardy, C., Chandra, F. G., Cendana, N. G., & Purba, E. S. (2022). The Effect of Promotion, Price, and Quality of Service on Customer Satisfaction of PT. Aseng Keto Sukses Medan. International Journal of Science, Technology & Management, 3(1), 100–103.

Selvia, I., & Yogaswara, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (KFC Arjuna Medan Perjuangan). Niagawan. 11(1), 37–42.

Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 3–9.

Shaw, C. & Hamilton, R. (2015). The Intuitive Customer: 7 Imperatives for Moving your Customer Experience to the Next Level. Florida: Beyond Philosophy Companies.

Subaebasni, S., Risnawaty, H., & Wicaksono, A. R. A. (2019). Effect of Brand Image, the Quality and Price on Customer Satisfaction and Implications for Customer Loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, 9(1), 90–97.

Sugiono, E., & Aisyah, T. S. (2021). The Effect of Product Quality, Price and Promotion to Customer Satisfaction and Loyalty in You Coffee and Resto in Jagakarsa. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 4(1), 181–194.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sulasih. (2017). A Study of Price Perception, Packaging, and Service Quality Towards Consymers’ Interest in Purchasing Special Product of Bumiayu, Central Java. Jurnal Referensi: Ilmu Manajemen dan Akutansi. 5(1), 38-45.

Sulistiyanto, F.X., & Munisih, S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelangganpedangang Besar Farmasi PT. Sakapilar Semarang. Media Farmasi Indonesia. 13(1).

Suryawardani, B., & Wulandari, A. (2020). Determinant Factors of Customers Switching Behavior to Customer Satisfaction and Loyalty in Online Transportation Users in Bandung sportasi Online di Bandung. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(85), 12–26.

Sutopo, A.N. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Diponegoro Journal Of Management. 3(4).

Wibowo, Y. G., Wulandari, R. H., & Qomariah, N. (2021). Impact of Price, Product Quality, and Promotion on Consumer Satisfaction in Cosmetics and Skincare. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 4(07), 978–986.

Wijaya, K. A., Saidani, B., & Parlyna, R. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pengguna Internet. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 71–84.

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur, 10(2), 146–163.

Xhema, J., Metin, H., & Groumpos, P. (2018). Switching-Costs, Corporate Image and Product Quality effect on Customer Loyalty: Kosovo Retail Market. IFAC-PapersOnLine, 51(30), 287–292.

Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan optik marlin cabang jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61–80.

Zain, T. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Speedy Instan. JEAM, 12(1), 104–115

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 431–445. https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.32063

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.