Pengaruh Kompetensi dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Studi Kasus: Penyelenggaraan Haji Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i5.44125Keywords:
Kompetensi; Berpengetahuan; Berpengalaman; Berketerampilan; Penyelenggara HajiAbstract
Penyelenggaraan tahunan ibadah haji menjadi tanggung jawab pemerintah pusat baik di dalam negeri (dalam wilayah Indonesia) maupun di luar negeri (selama jamaah berada di Arab Saudi). Penyelenggara ibadah haji di Indonesia tidak hanya dari Kementarian Agama (Kemenag) tetapi juga dari Pelaksana Ibadah Haji Khusus (PPIH), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan dinas terkait yang berhubungan dengan penyelenggaraan ibadah haji. Indonesia adalah negara dengan jamaah haji kedua terbanyak di dunia dan memiliki indeks kepuasan jaamaah 90,45. Namun, meskipun memiliki indeks kepuasan yang baik, penyelenggaraan haji di Indonesia tidak terlepas dari daftar masalah evaluasi penyelenggaraan. Kota Yogyakarta sebagai ibukota dari Provinsi DI Yogyakarta yang merupakan provinsi dengan kuota haji terkecil di Indonesia dan dipilih oleh peneliti untuk mengetahui bagaimana kompetensi dari penyelenggara ibadah haji. Terdapat tiga hal yang menjadi variabel kompetensi tersebut, yaitu berpengetahuan, berpengalaman dan berketerampilan. Pada penelitian ini digunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisa data kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dalam menetapkan keabsahan data (validitas data) dilakukan dengan memenuhi kriteria derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Petugas penyelenggara ibadah haji yang berpengetahuan diberikan pelatihan agar bisa lebih terarah dalam menjalankan pekerjaan selama proses penyelenggaran ibadah haji. Petugas penyelenggara haji yang berpengalaman diperoleh dengan cara mengikuti proses seleksi. Keterampilan petugas dalam menjalankan setiap perannya juga mendukung kompetensi petugas dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Sehingga, dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kompetensi dalam mendukung tercapainya kualitas penyelenggaraan Haji di Kota Yogyakarta sangatlah penting.
References
Creswell, J. (2014). Pendekatan Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gerring. (2017). Case Study Research. Principles and Practices. New York: Cambridge University Press.
Hafil, M. (2022, August 31). Berita. Retrieved from Retrieved from Ihram.co.id: https://ihram.republika.co.id/berita/rhg98b430/masalah-haji-2022-yang-perlu-dievaluasi
Khoeron, M. (2023, January 8). Pers Rillis. Retrieved from Retrieved from Kementerian Agama Republik Indonesia: https://kemenag.go.id/pers-rilis/kuota-haji-2023-sebanyak-221-ribu-tidak-ada-pembatasan-usia-jkhi87
Khoeron, M. (2023, January 5). Retrieved from Kemenag RI Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Retrieved from https://haji.kemenag.go.id/v4/kilas-balik-2022-perdana-indeks-kepuasan-jemaah-haji-capai-90
M, N. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Miles. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Book 3rd Editions. CA: Sage Publication.
Pangariboowo, W. S. (2023, February 21). Regional. Retrieved from Retrieved from Kompas.com: https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/21/170905678/masa-tunggu-ibadah-haji-di-diy-mencapai-34-tahun
Rivai, N. I. (2022). The Influence of Human Resource Competence on Service Quality for Functional Appropriate Certificates (LFS). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik.
Romin Kalepo, M. S. (2021). Pengaruh Sikap Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Suwawa Kabupaten Bone Bolango. PROVIDER JURNAL ILMU PEMERINTAHAN, 8-17.
Singarimbun, M. (2019). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Subandi, D. (2022). The Role of the Governments of Indonesia and Saudi Arabia in Organizing the Hajj Pilgrimage 2015 – 2021. Journal of Strategic and Global StudiesJournal of Strategic and Global Studi.
Sucipto. (2023, April 14). Humaniora. Retrieved from Retrieved from Sindonews.com: https://nasional.sindonews.com/read/1072569/15/kemenag-soroti-5-masalah-haji-khusus-akomodasi-hingga-konsumsi-1681434281
Susanty, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN KINERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR REGIONAL VII BKN. Palembang: Universitas Tridinanti.
Undang-undang. (2009). Undang-undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ferdy Novri, Husnul Muamilah, Made Lia Ananda Dewi, Surya Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.