Implikasi Marketing Mix terhadap Peningkatan Performa Kinerja Freight Forwarding PT X Surabaya

Authors

  • Olivia Margaretha Sugiarto Universitas Surabaya (UBAYA)
  • Erisa Erisa Universitas Surabaya (UBAYA)
  • Olivia Tanaya Universitas Surabaya (UBAYA)
  • Firman Rosjadi Djoemadi Universitas Surabaya (UBAYA)

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.35005

Keywords:

PT X, Jasa logistik, Pemasaran bauran

Abstract

Perbedaan sumber daya yang dimiliki setiap negara dapat mendorong aktivitas perdagangan internasional. Sehingga peningkatan aktivitas perdagangan luar negeri maupun dalam negeri telah dirasakan dan memberikan dampak yang signifikan secara strategis pada kenaikan sektor logistik mencapai lebih dari 20%. Peningkatan jasa logistik ini juga dirasakan di Indonesia dimana semakin banyak perusahaan freight forwarding yang bermunculan dan saat ini Indonesia memasuki era pasar global. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang freight forwarding adalah PT X terletak di Surabaya yang dituntut untuk meningkatkan permintaan penjualan dalam era pasar global ini dengan menjalankan strategi pasar guna meningkatkan permintaan penjualan dan performa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi bisnis PT X dengan menggunakan konsep 7P marketing mix yang dianalisis melalui metode triangulasi internal PT X. Hasil penelitian ini nantinya akan diperoleh strategi marketing mix dan berdasarkan analisis hasil tersebut, PT X memerlukan optimalisasi dalam bidang digital marketing & digital collaboration seperti salah satunya ada website trucking dan konten di sosial media. Hasil yang didapatkan akan digunakan untuk pengembangan strategi bisnis dan menangani permasalahan yang terjadi di PT X.

References

Aghaei, J., Niknam, T., Azizipanah-Abarghooee, R., & Arroyo, J. M. (2013). Scenario-based dynamic economic emission dispatch considering load and wind power uncertainties. PT. International Journal of Electrical Power & Energy Systems, 47, 351-367.

Anggorowati, A., Sihombing, S., Nofrisel. (2019). Peran Lingkungan Persaingan di Perusahaan Freight Forwarder, Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. Vol. 06 No. 03,http://dx.doi.org/10.54324/j.mtl.v6i3.346

Bengu Sevil Oflac, Birce Dobrucalı, Tugce Yavas, Maria Gabriela Escobar. (2015). Services Marketing Mix Efforts of a Global Services Brand: The Case of DHL Logistics, Journal of Economics and Finance, 23(1), 1079-1083. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00457-8

Borden, N. (1965). The concept of the marketing mix. In G. Schwartz (Ed.), Science in marketing (pp.386- 397). New York, NY: John Wiley & Sons

Castellani, D., Serti, F., & Tomasi, C. (2010). Firms in international trade: Importers’ and exporters’ heterogeneity in Italian manufacturing industry. World Economy, 33(3),424–457. https://doi.org/10.1111/j.1467-9701.2010.01262.x

Cuellar-Healey, S., and Gomez, M., (2013), Marketing modules series, Cornell University, Ithaca NY Data World Bank Diambil 12 September 2023. Dari data.worldbank.org/ indicator/NE.EXP.GNFS.CD?end=2022&locations=ID&start=2015&view= chart

Green, K.W., Whitten, D. and Inman, R.A. (2008). The impact of logistics performance on organizational performance in a supply chain context. Journal of Supply Chain Management, 13(4), 317–327. https://doi.org/10.1108/13598540810882206

Gummesson, E. (2007). Exit services marketing-enter service marketing. Journal of Customer Behaviour, 6(2), 113-141.

Huang, S.T., Bulut, E. & Duru, O. (2019). Service quality evaluation of international freight forwarders: an empirical research in East Asia. J. shipp. trd. 4, 14. https://doi.org/10.1186/s41072-019-0053-6

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Jakarta: PT Indeks

Kristian Möller (2006) The Marketing Mix Revisited: Towards the 21st Century Marketing by E. Constantinides , Journal of Marketing Management. http://dx.doi.org/10.1362/026725706776861181

Lamb, C.W., Hair, J.F., McDaniel, C. (2004), Marketing. 7th ed. Oxford: Oxford University Press. Lloyd’s List, 2014, Ports and Logistics. (http://www.lloydslist.com/ll/world/)

McCarthy, E. J. (1964). Basic marketing: A managerial approach (2nd ed.). Homewood, IL: Richard D. Irwin

Oflac, B.S., Dobrucali, B., Yavas, T., & Escobar, M.G.(2015). Services Marketing Mix Efforts of a Global Services Brand: The Case of DHL Logistics. Journal of Economics and Finance, 23, 1079-1083. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00457-8

Oroh, G.J., Nelwan, O.S., & Lumintan, G.G. (2023). Penerapan Marketing Mix 7P Pada CV. Indocipta Karya Gemilang Leilem. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 465- 474. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45933

Pemerintah, R. I. (2011). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Angkutan Multimoda. Jakarta: Indonesia.

Prasetyo, A., Utamingsih, A., & Wardoyo, P.(2023). Strategi Bisnis Untuk Mempertahankan Penjualan Jasa Pengiriman Kargo Freight Forwarding Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 56-66. https://doi.org/10.35829/magisma.v11i1.276

Schumacher, R. (2013). Deconstructing the theory of comparative advantage. World Social and Economic Review, 2013(2, 2013), 83.

Supartini, S., Iswanto, I., Astriawati, N., Dekanawati, V., & Alfanzuri, N. K. H. (2022). Pelayanan Jasa Impor Barang Dalam Masa Pandemi. Dinamika Bahari, 3(2), 114–123.

Wulyo, W. (2017). Product, Price, Distribution and Promotion as Determinants of Freight Forwarder Choice. International Journal of Managerial Studies and Research, 5(1), 5– 10.http://dx.doi.org/10.20431/2349-0349.0501002

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Sugiarto, O. M., Erisa, E., Tanaya, O., & Djoemadi, F. R. (2023). Implikasi Marketing Mix terhadap Peningkatan Performa Kinerja Freight Forwarding PT X Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 617–626. https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.35005

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.