Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Kemudahan Teknologi, dan Gender terhadap Minat Investasi Saham

Authors

  • Karina Wijayanti Parahyangan Catholic University

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.36952

Keywords:

Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Kemudahan Teknologi, Gender, Minat Investasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat investasi mahasiswa di Indonesia, guna mempertahankan tren positif dalam hal investasi di Indonesia. Penelitian ini disusun menggunakan metode pengumpulan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada para responden yang melibatkan mahasiswa aktif akuntansi Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan software SmartPLS dan dilakukan evaluasi model melalui measurement model dan structural model. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Edukasi pasar modal berpengaruh terhadap pengetahuan investasi, (2) Pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam investasi saham, (3) Kemudahan teknologi tidak dapat dibuktikan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa dalam investasi saham, (4) Gender tidak dapat dibuktikan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa dalam investasi saham, (5) Edukasi pasar modal melalui pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam investasi saham, dan (6) Pengetahuan investasi, kemudahan teknologi, dan gender secara simultan tidak dapat dibuktikan pengaruhnya terhadap minat mahasiswa dalam investasi saham.

References

Dewi, V., Febrian, E., Effendi, N., & Anwar, M. (2020). Financial literacy among the millennial generation: Relationships between knowledge, skills, attitude, and behavior. Australasian Accounting, Business and Finance Journal vol. 14, 24-37.

Donmoyer, R. (2008). The Sage encyclopedia of qualitative research methods. Thousand Oaks: Sage.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Postmodern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia . (2021, Februari). www.ksei.co.id. Retrieved from https://www.ksei.co.id/publications/demografi_investor: https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_Februari_2021.pdf

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2022, Februari). www.ksei.co.id. Retrieved from www.ksei.co.id/publications/demografi_investor: https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_-_Februari_2022.pdf

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2023, Maret). www.ksei.co.id. Retrieved from www.ksei.co.id/publications/demografi_investor: https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_-_Februari_2023_v4.pdf

Saleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandio, T., & Widanaputra, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 16 No 3.

Umar, N. (2010). Argumen Kesetaraan Gender. Jakarta: Dian Rakyat.

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan pengetahuan Terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar. Jurnal Dinamika Bisnis dan Manajemen Vol 2 No 2, 4.

Zuhri, D. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan Dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 137.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Wijayanti, K. (2024). Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Kemudahan Teknologi, dan Gender terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 149–162. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.36952

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.