Pengaruh Content Marketing dan E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.47578Keywords:
Content marketing; E-Wom; Keputusan Pembelian; Generasi Z; Kota DepokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi Z Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling dengan rumus Lemeshow dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel (12,102>1,985) dan sig (0,000<0,05). Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel (12,523>1,985) dan sig (0,000<0,05).Secara simultan content marketing dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh nilai koefisien determinasi berpengaruh simultan sebesar 0,689 atau 68,9%. Uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai F hitung > F tabel (103,144>3,09) dan sig (0,000<0,05).
References
Alvarizi, R., & Purnamasari, D. (2023). Pengaruh Online Customer Review E- Wom Content Marketing pada Keputusan Pembelian UMKM Semarang melalui Tiktok. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 7(3), 430436.
Aprillio, R. G., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Favehotel Hyper Square Bandung Tahun 2018).
Aqilah, Z. M., & Cahyono, K. E. (2024). Pengaruh Harga, Word Of Mouth, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cosmetics (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 13(1).
Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17(3), 505-512
Ferdianto, M., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran E-Wom, Life Style, Kepercayaan, Dan Content Marketing Dalam Keputusan Pembelian Generasi Milenial Di Facebook.
Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Peneribit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52
Huda, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Of Tiktok Dan E-Wom Terhadap Brand Awareness Dan Minat Beli Produk Umkm Sektor Kuliner Di Kabupaten Pasuruan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6(2), 261275.
Idris, I. N., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(1), 90-103.
Kamila Putri, A., & Aghniarahma Junia, A. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop). Annisa Aghniarahma Junia INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 8238–8248.
Liyono Arie. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian ProdukAir Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91.
Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249–266. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633
Nst, V. F. H. (2023). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Jurnal Ilmiah METADATA, 5(2), 350–372.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan 1). Alfabeta.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. EMAS, 2(3).
Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. F. H. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten DHARMASRAYA). Manajemen Dewantara, 6(2), 153-162.
Wjaya, G. P., & Yulita, H. (2022). Pengaruh Konten Marketing, E-Wom, Dan Citra Merek Di Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Kosmetik Mother Of Pearl. Journal of Business & Applied Management, 15(2), 133-142.
Yoebrilianti, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Influencer Marketing Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(2), 87–98.
Yuliyanti, S., Zakaria, Z & W, Faroh (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Social Media Marketing terhadap Minat Beli Merek Jobb pada Marketplace Lazada. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(4), 665–677.
Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293
Faroh, W. N., & Junaidi, D. (2019, Juni). PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI PORTAL NETWORK SIX STORE Cabang DEPOK 2018. JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF, 2(3), 111-121.
Faroh, W. N., & Lestari, S. E. (2021). Social Network Analysis on the Driver Partner Application for Home Culinary Entrepreneurs . International Journal Of Science, Technology & Management, 377-387.
Faroh, W. N., & Zahri, N. (2019, Agustus). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MAFATI INOVASI TECHNOLOGY PONDOK CABE – TANGERANG SELATAN. JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA), 2(2).
Faroh, W. N., Hastoni, & Irmal. (2023, Desember). Peningkatan Kualitas Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Umkm Dengan Digital Marketing di Desa Sukajadi Bogor. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 375-378.
Faroh, W. N., Lestari, A. W., & Kustitik. (2023, Juni). Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 113-117.
Faroh, W. N., Maharani, H., & lestari, S. E. (2019, Juli). JELAJAH KAMPUNG: MENGGALI MANAJEMEN KEBUN KOPI, GUA BASMA, DAN CURUG MENJADI AGROWISATA BERNILAI EKONOMIS DI DESA CILUMPING KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Pengabdian : DHARMA LAKSANA Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 52-58.
Faroh, W. N., Ratnawati, Lestari, S. E., & Aprilliani, S. (2022, September). PELUANG USAHA CELAMIS CELANA DALAMAN GAMIS SEBAGAI USAHA PROSPEKTIF DESA CICALENGKA TANGERANG SELATAN BANTEN. DEDIKASI PKM UNPAM, 3(3), 353-358.
Faroh, W. N., Yuliati, D. M., & Pamungkas, I. B. (2019, Januari). MERAIH MASA DEPAN DENGAN MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM HAL MANAJEMEN WAKTU DI RUMAH AMALIA. Jurnal Pengabdian : DHARMA LAKSANA Mengabdi Untuk Negeri, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frisca Fricilia, Wahyu Nurul Faroh; Jaja suteja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.