Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Ramayana Lestari Sentosa Ciputat

Authors

  • Armansyah Armansyah Universitas Pamulang
  • Muhammad Nor Jailani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6294

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat dan sampel yang diguanakan adalah sebanyak 100 orang dengan menngunakan perhitungan slovin. Berdasarkan hasil hipotesis yang didapat yaitu thitung = 6,52914 dan ttabel = 1.984. Maka thitung (6,52914) > ttabel = (1.984), dengan demikian kriteria penguji yang dapat diterima ialah thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga hipotesis yang diterima adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Hasil pengujian determinasi pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 43,50 %, sedangkan sisanya 56.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis karena keterbatasan waktu, dana, dan tenaga.

References

Abdullah, T. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Berry, L. Z. (1985). Quality Counts In ServicesToo. Business Horizons, 44-52.

Bitner, M. J. (1996). Services Marketing. Boston: MCGraw-Hill.

Hadi, S. (2014). Analisis Regresi. Yogjakarta: Andi.

Imam, G. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Istijanto. (2014). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Jakarta: Prenhallindo.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Pratama, A. (2019). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Semarak, 122-141.

Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-Eleven. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhandi. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Jasa Asuransi. Tangsel: PT. Global Asistensi Manajemen Indonesia(GAMI), UNPAM.

Tjiptono, F. &. (2014). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Wulansari, E. (2007). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Pada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Cabang Semarang Selatan. Universitas Negeri Semarang, 1.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Armansyah, A., & Jailani, M. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 159–169. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6294

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.