Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Ramayana Lestari Sentosa Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6294Keywords:
Kualitas Pelayanan dan Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat dan sampel yang diguanakan adalah sebanyak 100 orang dengan menngunakan perhitungan slovin. Berdasarkan hasil hipotesis yang didapat yaitu thitung = 6,52914 dan ttabel = 1.984. Maka thitung (6,52914) > ttabel = (1.984), dengan demikian kriteria penguji yang dapat diterima ialah thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga hipotesis yang diterima adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Hasil pengujian determinasi pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 43,50 %, sedangkan sisanya 56.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis karena keterbatasan waktu, dana, dan tenaga.
References
Abdullah, T. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Berry, L. Z. (1985). Quality Counts In ServicesToo. Business Horizons, 44-52.
Bitner, M. J. (1996). Services Marketing. Boston: MCGraw-Hill.
Hadi, S. (2014). Analisis Regresi. Yogjakarta: Andi.
Imam, G. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Istijanto. (2014). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Jakarta: Prenhallindo.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.
Pratama, A. (2019). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Semarak, 122-141.
Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-Eleven. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhandi. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Jasa Asuransi. Tangsel: PT. Global Asistensi Manajemen Indonesia(GAMI), UNPAM.
Tjiptono, F. &. (2014). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Wulansari, E. (2007). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Pada Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Cabang Semarang Selatan. Universitas Negeri Semarang, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.