Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Chatime Indonesia)

Authors

  • Dewi Ayu Kusumaningrum Politeknik Sahid
  • Dandy Prasetia Setiawan Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9396

Keywords:

Promosi, E-Payment, Loyalitas, OVO, GOPAY, Shopeepay

Abstract

Perkembangan penjualan minuman bubble tea sangat drastis meningkat. Salah satu usaha minuman bubble tea yang digemari masyarakat Indonesia adalah Chatime. Chatime menjadi top brand minuman bubble teratas di Indonesia untuk tahun 2016 – 2019. Tingginya konsumsi produk Chatime tidak hanya dikarenakan kualitas produk yang baik tetapi juga didukung pemasaran yang berkembang seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, khususnya financial technology yaitu platform E-Payment. Kemudahan pembayaran serta sering diberikannya promo membuat penggunaan E-Payment semakin meningkat. Berdasarkan data lembaga survey Nielsen tahun 2016, promo dalam bentuk cashback yang paling diminati konsumen dalam pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh promo cashback berbagai jenis E-Payment terhadap loyalitas konsumen (studi kasus: Chatime Indonesia). Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di beberapa outlet Chatime Indonesia di Jakarta. Target penelitian adalah konsumen Chatime Indonesia dengan teknik non probability  sampling, metode multi stage sampling yaitu Insidental  Sampling dan Purposive Sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dengan Instrument kuisoner. Analisis data dengan analisis statistika regresi menggunakan aplikasi software SPSS for windows 20. Hasil didapatkan hipotesis diterima dengan nilai  signifikan  sebesar  0,000 < 0,05 dan t hitung (17,893) > t tabel (1,99045) artinya  ada  pengaruh  program promosi cashback terhadap loyalitas konsumen di Chatime. Loyalitas Konsumen dipengaruhi oleh promosi cashback sebesar 76,6% sedangkan sisanya 23,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat disampaikan dapat melanjutkan penelitian terkait faktor lain yang memengaruhi loyalitas konsumen. Serta bagi pelaku bisnis lain dapat menggunakan alternative promo cashback sebagai pilihan promosi produk.

 

Kata Kunci: Promosi; E-Payment; Loyalitas, OVO; GOPAY; Shopeepay

References

Amelia, F., & Fikriyah, K. (2020). Hubungan Promo Cashback Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Surabaya Dalam Pelayanan Digital Wallet OVO. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam , 108-115.

Ekonomi.Bisnis.Com. (2018, Oktober 8). "Cashback" Tarik Minat Masyarakat Berbelanja Daring. Retrieved From Ekonomi.Bisnis.Com: Ekonomi.Bisnis.Com

Firmansyah, A. (2017). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Gobiz.Co.Id. (2019, September 26). 5 Keuntungan Promo Cashback Untuk Penjualan. Retrieved From Gobiz.Co.Id: Https://Gobiz.Co.Id/Pusat-Pengetahuan/Keuntungan-Promo-Cashback/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15tb Edition,. Harlow, Essex, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kusumaningrum, D. A., & Wachyuni, S. S. (2020). Promo Cashback Gopay Terhadap Minat Beli Bubble Drink (Studi Kasus : Yu Cha Indonesia, Pluit). Journal Of Tourism And Economic, 23-30.

Marlius, D. (2017). Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggidilihat Darikualitas Pelayanan. Jurnal Pundi, Vol. 01, No. 03, November 2017, 237-250.

Morissan. (2015). Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta: Prenadamedia Group.

Pratama, A. R. (2019). Pengaruh Promosi Cashback Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan Dalam Pelayanan Digital Wallet Studi Kasus Gopay Dan Ovo. Jakarta: Universitas Bakrie.

Www.Creativeunicorn.Com. (2019). About Chatime. Retrieved From Www.Creativeunicorn.Com: Http://Www.Creativeunicorn.Com/Chatime/Staging/About.Html

Www.Databoks.Katadata.Co.Id. (2019, Agustus 12). Inilah Daftar Dompet Digital Terbesar Di Indonesia. Retrieved From Databoks.Katadata.Co.Id: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2019/08/23/Inilah-Daftar-Dompet-Digital-Terbesar-Di-Indonesia

Www.Femina.Co.Id. (2019, Januari 3). Fenomena Cashback, Solusi Atau Konsumtif? Retrieved From Www.Femina.Co.Id: Https://Www.Femina.Co.Id/Money/Fenomena-Cashback-Solusi-Atau-Konsumtif-

Www.Grab.Com. (2019, April 30). Demam Bubble Tea Di Grabfood! Retrieved From Https://Www.Grab.Com/Id/Press/Tech-Product/Demam-Bubble-Tea-Di-Grabfood/: Https://Www.Grab.Com/Id/Press/Tech-Product/Demam-Bubble-Tea-Di-Grabfood/

Www.Pikiran-Rakyat.Com. (2019, Agustus 1). Pertumbuhan Industri Makanan Dan Minuman Sumbang 6,35% Terhadap Pdb Nasional. Retrieved From Www.Pikiran-Rakyat.Com: Https://Www.Pikiran-Rakyat.Com/Ekonomi/Pr-01316389/Pertumbuhan-Industri-Makanan-Dan-Minuman-Sumbang-635-Terhadap-Pdb-Nasional?Page=2

Www.Sodexo.Co.Id. (2020, Februari 24). 5 Contoh Promosi Menarik Yang Bisa Diterapkan Untuk Bisnis Anda. Retrieved From Www.Sodexo.Co.Id: Https://Www.Sodexo.Co.Id/Contoh-Promosi-Menarik/

Www.Topbrand-Award.Com. (2019). Bubble Drink | Top Brand Award. Retrieved From Www.Topbrand-Award.Com : Https://Www.Topbrand-Award.Com/En/2019/05/Bubble-Drink/

Yuliana, Y. (2017). Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan T.A 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora Vol. 2. No. 2 2017, 291-325.

Zainuddin, & Cahya, N. (2019). Pengaruh Promo Penjualan Dan Cashback Terhadap Minat Beli Kendaraan Pada Pt. Hadji Kalla Palopo. Journal Of Institution And Sharia Finance, 1-19.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Kusumaningrum, D. A., & Setiawan, D. P. (2021). Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Chatime Indonesia). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 139–147. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9396

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.