ANALISIS FAKTOR PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan pengguna aplikasi mobile phone di masyarakat, hal ini di dorong oleh banyak nya aplikasi-aplikasi yang bermunculan di masyarakat. Analisa ini dilakukan melalui uji kajian mengenai hubungan antar faktor-faktor apa saja yang akan mempengaruhi pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile phone di masyarakat. Analisa penelitian ini menguji ada 4 variabel yang akan di ujikan dengan model UTAUT, yaitu Performance Expectancy (PX), Effort Expectancy (EX), Social Influence (SF) dan User Experience (UX) merupakan tambahan bagi kenyamanan pengguna aplikasi mobile phone. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan adanya faktor-faktor hubungan dari semua yang variabel diujikan yaitu Performance Expectancy (PX), Effort Expectancy (EX), Social Influence (SF) dan User Experience (UX) yang mempengaruhi terhadap faktor penggunaan dalam menggunakan aplikasi mobile phone.
Kata Kunci : Mobile Aplikasi, UTAUT, Social Influence, User Experience.
ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze the influence of the use of mobile phone application users in the community, this is driven by the many applications that have sprung up in the community. This analysis is done through a study test on the relationship between what factors will influence users in using mobile phone applications in the community. The analysis of this study examines that there are 4 variables that will be tested with the UTAUT model, namely Performance Expectancy (PX), Effort Expectancy (EX), Social Influence (SF) and User Experience (UX) which are in addition to the convenience of users of mobile phone applications. Data analysis in this study was carried out using multiple linear regression analysis. This study resulted in the relationship factors of all the variables tested, namely Performance Expectancy (PX), Effort Expectancy (EX), Social Influence (SF) and User Experience (UX) that affect the use factor in using a mobile phone application.
Keywords: Aplication Mobile, UTAUT, Social Influence, User Experience