ANALISA USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN USABILITY TESTING PADA APLI

Authors

  • Muhammad Syarif Hartawan Universitas Krisna Dwipayana

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat user experience pada aplikasi android pemesanan test drive mobil menggunakan usability testing. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik usability testing yaitu pengujian usabilty menggunakan metode kuesioner dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna. Analisis masalah yang digunakan merupakan kuisioner secara online kepada pengguna. Penelitian ini data yang diperoleh secara online ini adalah para pengguna aplikasi android pemesanan test drive mobil tersebut yang secara online setelah menggunakan aplikasi tersebut sehingga sangat memberikan efek langsung terhadap aplikasi android pemesanan test drive mobil penelitian yang dilangsungkan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 orang customer perusahaan yang ingin mencoba kendaraan baru yang sedang dpasarkan oleh perusahaan. Dalam teknik analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase data kemudian dideskripsikan guna mengukur tingkat usability pada aplikasi pemesanan test drive mobil. Dalam penelitian ini digunakan metode Usability Testing dimana kriteria yang akan diuji adalah Effectiveness (Efektifitas), Efficiency (Efesiensi) serta Satisfaction (Kepuasan). Dimana masing–masing kriteria memiliki nilai–nilai kriteria diatas rata–rata. Hasil pengujian metode Usability Testing terhadap aplikasi android pemesanan test drive mobil adalah nilai Effectiveness (Efektifitas) memiliki nilai sebesar 100%, Efficiency (Efesiensi) memiliki nilai sebesar 81%, Satisfaction Satisfaction (Kepuasan) memiliki nilai sebesar 97%. Dengan melihat hasil tersebut diatas menyatakan bahwa aplikasi android pemesanan test drive mobil memiliki desain user interface yang sangat baik.

Kata Kunci: Analisis, Usability Testing, User Interface, User Experience.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Hartawan, M. S. (2021). ANALISA USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN USABILITY TESTING PADA APLI. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14841

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.