EVALUASI KEPUASAN USER INTERFACE SAFE TRAVEL KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Authors

  • Ali Rahman Pustik KP
  • muhammad syarif Hartawan Universitas Krisna Dwipayana

Abstract

ABSTRAK

Pemerintah sangat bertanggung jawab terhadap keberadaan dan keselamatan warga negara nya di luar negeri. Kementerian Luar Negeri mengeluarkan sebuah aplikasi Safe Travel merupakan inovasi terbaru dalam upaya melindungi WNI di luar negeri. Melalui inovasi ini, Kemlu berharap warga negara indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri tidak akan merasa ‘sendirian’, Kementerian Luar Negeri akan selalu mendampingi dalam memberi pelayanan dan perlindungan bagi WNI. Dengan adanya aplikasi Safe Travel dari Kemlu ini, WNI bisa menggali informasi lebih lengkap secara mudah dalam satu aplikasi. Fitur–fitur dalam aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan membantu WNI dalam mengenal negara tujuannya. Tapi dalam perjalannya aplikasi ini belum ada yang meneliti tetang bagaimana kepuasan user dalam menggunakan aplikasi ini. Objek dalam penelitian ini adalah desain user interface aplikasi Safe Travel yang telah ada pada google play store dengan responden sejumlah 115 orang responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner kepada pengguna aplikasi Safe Travel yang kemudian diolah secara statistik dengan menggunakan rentang kategori dan persentase melalui skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan seluruh dimensi independen (indikator) EUCS, terdiri atas Content (Isi), Format (laporan), Accurancy (ketepatan), Timeliness (kecepatan waktu penyajian), Ease of Use (mudah digunakan), yang memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan user aplikasi Safe Travel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan user terhadap desain user interface secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori setuju dan merasa puas menggunakan aplikasi Safe Travel, dengan nilai persentase sebesar : a. Dimensi Isi (Content), Safe Travel memberikan informasi yang sangat memenuhi kebutuhan user dengan sebesar 97%, b. Akurat (Accuracy), Safe Travel tidak sering terjadi error dengan fungsi nya sebesar 88%, serta tombol sesuai fungsi nya sebesar 85%, c. Tampilan (Format), Safe Travel memiliki komposisi warna sebesar 93%, d. Kemudahan Pengguna (Ease of Use), menyatakan bahwa Safe Travel sangat mudah digunakan oleh orang awam sebesar 100% yang termasuk kedalam kategori sangat setuju, e. Ketepatan Waktu (Timeliness), Safe Travel sangat mudah di unduh dengan memperoleh 100% responden yang menyatakan sangat setuju.

Kata Kunci : Aplikasi Android, EUCS, Desain User Interface, Safe Travel.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Rahman, A., & Hartawan, muhammad syarif. (2021). EVALUASI KEPUASAN USER INTERFACE SAFE TRAVEL KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14842

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.