ANALISIS USER EXPERIENCE UNTUK USER INTERFACE PADA WEBSITE FORTIS.ID

Authors

  • Muhammad Syarif Hartawan Universitas Krisnadwipayana

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat user experience pada website fortis.id menggunakan metode evaluasi heuristic terdiri dari 10 variabel. Dalam penelitian ini analisis masalah menggunakan kuisioner secara offline yang berarti terjadi tanya jawab langsung terhadap customer perusahaan dalam pengisian kuisioner tersebut. Penelitian ini data yang diambil adalah para pengguna jasa perusahaan tersebut secara langsung sehingga sangat memberikan efek langsung terhadap object penelitian yang dilangsungkan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 77 orang customer perusahaan. Dalam teknik analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase data kemudian dideskripsikan guna mengukur tingkat usability pada website fortis.id. Dari penelitian ini menunjukkan tingkat user experience pada website fortis.id menunjukan responden customer sebanyak 63% masuk kategori sedang. Dan hasil analisa kuisioner di dapat hasil dari tampilan (tataletak/layout) pada website fortis.id sudah mampu memenuhi kriteria dari usability sebuah website komersial. Saran kuisioner lain, adalah adanya tambahan menu search (pencarian) untuk mencari sebuah kriteria pencarian berita yang tersaji di dalam website agar mempermudah ditemukan, informasi pada website sebaiknya disajikan secara update atau terbaru dalam penyampaian informasi, design pada website fortis.id sebaiknya ditingkatkan kembali dalam hal responsive pada saat akses di mobile website.

Kata Kunci: Analisis, Usability, Evaluasi Heuristic, fortis.id

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Hartawan, M. S. (2021). ANALISIS USER EXPERIENCE UNTUK USER INTERFACE PADA WEBSITE FORTIS.ID. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/15478

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.