APLIKASI ABSENSI MENGGUNAKAN NUXT JS DAN FLUTTER BERBASIS WEB DAN MOBILE

Authors

  • Meidy Fajar Wahyu Universitas Pamulang
  • Lely Panca Andriyanto Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

APLIKASI ABSENSI MENGGUNAKAN NUXT JS DAN FLUTTER BERBASIS WEB DAN MOBILE. Pemanfaatan teknologi dan komunikasi pada perusahaan dan masyarakat saat ini telah menjadi sebuah keharusan dan kewajiban pada kasus nyata. Pemanfaatan teknologi tersebut dalam dunia pekerjaan, pendidikan maupun pabrikasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan, diperlukan keharusan dalam implementasi sistem. Perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat juga memiliki dampak terhadap beberapa aspek dalam kehidupan masyarakat. Penyebaran informasi yang menggunakan teknologi (media sosial, sistem informasi, dan sebagainya) cenderung lebih cepat dan luas cakupan nya. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan ditambah dengan kebutuhan terkait teknologi sebagai pendukungnya. Sistem Informasi kemajuan teknologi merupakan teknologi untuk mengelola, menyebarkan informasi digunakan untuk menyimpan data dan manipulasi informasi disuatu institusi pekerjaan dan pendidikan yang menyajikan informasi setiap aktor yang terlibat dalam sistem. Pengembangan pada sistem informasi dilakukan agar sistem semakin baik performanya dan semakin sesuai dengan keinginan pengguna. Begitu juga dengan sistem informasi pada dunia pekerjaan dan pendidikan. Hal ini terus menyempurnakan sistem informasi, sampai saat ini sistem informasi pada dunia pekerjaan dan pendidikan dikembangkan secara khusus berbasis web dan mobile. Karena banyaknya jenis sistem operasi yang ada pada perangkat mobile, maka hanya  akan diujikan pada satu sistem operasi saja. Penggunaan teknologi informasi merupakan keunggulan tersendiri untuk proses pengembangan aplikasi karena tidak teknologi yang terus berkembang. Aplikasi ini merupakan sistem yang praktis dan dapat digunakan sebagaimestinya. Karena terpadu dari informasi data-data yang sudah akurat didapat dan diolah dengan baik.. Hal ini akan dapat dipantau atau diketahui dengan baik, dikarenakan hasil daripada data tersebut ditampilan pada web dan mobile. Hal ini sangat mempermudah bagi pengguna untuk digunakan. Penelitian ini pembuatan aplikasi absensi dengan Nuxt JS dan Flutter berbasis Web dan Mobile.

Kata kunci : Aplikasi, Nuzt JS, Flutter, Web, Mobile

 

ABSTRACT

ATTENDANCE APPLICATION USING NUXT JS AND FLUTTER BASED ON WEB AND MOBILE.The use of technology and communication in companies and society has now become a necessity and obligation in real cases. The use of this technology in the world of work, education and manufacturing has become an inseparable part, it is mandatory in implementing the system. The increasingly rapid development of the world of technology also has an impact on several aspects of people's lives. The dissemination of information using technology (social media, information systems, etc.) tends to be faster and wider in scope. This can be utilized optimally and supplemented with technology-related needs as support. Technological advancement Information Systems are technologies for managing, disseminating information used to store data and manipulate information in work and educational institutions that present information for each actor involved in the system. Development of information systems is carried out so that the system performs better and is more in line with user wishes. Likewise with information systems in the world of work and education. This continues to improve the information system, until now the information system in the world of work and education has been developed specifically on a web and mobile basis. Because there are many types of operating systems available on mobile devices, we will only test one operating system. The use of information technology is an advantage in itself for the application development process because it is not technology that continues to develop. This application is a practical system and can be used as intended. Because it is integrated from information, data that has been accurately obtained and processed well. This will be monitored or known well, because the results of the data are displayed on the web and mobile. This makes it very easy for users to use. This research creates an attendance application using Nuxt JS and Flutter based on Web and Mobile.

Keywords: Application, Nuzt JS, Flutter, Web, Mobile

 

Author Biographies

Meidy Fajar Wahyu, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika 

 

Lely Panca Andriyanto, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika 

 

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Wahyu, M. F., & Andriyanto, L. P. (2024). APLIKASI ABSENSI MENGGUNAKAN NUXT JS DAN FLUTTER BERBASIS WEB DAN MOBILE. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 19(1), 63–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/41706

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.