PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. MODISE BUSANA SEJATI DI BANDUNG

Authors

  • Heri Erlangga Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Nurjaya Nurjaya Universitas Suryakancana, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i4.10714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Keputusan pembelian Konsumen pada PT. Modise Busana Sejati di Bandung. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Kegiatan Promosi diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,417 dengan kriteria baik. Variabel Keputusan pembelian Konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,839 dengan kriteria baik. Kegiatan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian Konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 9,192 + 0,854X, dan nilai koefisien korelasi 0,776 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 60,2%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Abdullah, M (2014) Manajemen dan Evaluasi Keputusan pembelian Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

AR. Bulaeng, “Komunikasi Pemasaranâ€, Pusat Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta, 2002.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, “Customer Behavior and Marketing Actionâ€, Four Edition, Kent Publishing, New York, 2002.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Effendi, Onong Uchjana,†Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologisâ€, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Erlangga, H. (2018). Spirit Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2), 102-127.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, STAIN/IAIN Palopo).

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).

Kasmir, “Etika Customer Serviceâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Salemba Empat, Jakarta, 2008.

Luthans Fred (2014) Organizational Behavior, Ney York: McGraw-Hill, New York.

Muhibbib Syah, “Psikologi Belajarâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Mulyana, Deddy, “Metodologi Penelitian Kuantitatifâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Nurhayati, N. I. D. N., Hindarsah, I., Sos, S., Erlangga, H., Sos, S., & Maun Jamaludin, I. (2018). Pelatihan Pembukuan Di UKM Sumpia Chantika Dewi Cimindi Cimahi. Laporan Program Kepakaran Fisip Unpas Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Akademik 2016/2017, 1-22.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Riduwan, “Metode dan Tehnik Penyusunan Proposal Penelitianâ€, Pustaka Presindo, Jakarta, 2012.

Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2003.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Wiliam J. Shultz, “Marketingâ€, Prentice Hall Inc, Zulganef, New York, 2001.

Wiliam J. Stanton, “Prinsip Pemasaranâ€, Jilid Satu, Edisi Kesepuluh, Erlangga, Jakarta, 2002.

Downloads

How to Cite

Erlangga, H., Jasmani, J., & Nurjaya, N. (2019). PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. MODISE BUSANA SEJATI DI BANDUNG. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 300–308. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i4.10714