PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA (ALFAMART) WILAYAH TANGERANG SELATAN

Authors

  • H Komarudin Universitas Pamulang
  • Asep Sulaeman Universitas Pamulang
  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Wilayah Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 41,0%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,032 > 1,986). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 42,4%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,274 > 1,986). Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 9,974 + 0,359X1 + 0,401X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 51,6%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (49,093 > 2,700).

 

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

References

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2015.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2016.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2017.

Hasan, Ali, “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta, 2015.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2017.

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 56/M-DAG/PER 9//2014 tentang pemberlakuan usaha retail (mini market).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pusat perbelanjaan dan toko modern dimana usaha perdagangan eceran (retail).

Sobarna, A., Hambali, S., Sutiswo, S., & Sunarsi, D. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 67-71.

Sudarsono, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(1), 16-26.

Sudjana, â€Metode Statistikaâ€, Edisi Keenam, Tarsito, Bandung, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2017.

Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya : Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178 - 194.

Udang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dengan transaksi barang dan atau jasa.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2015.

Yazid, “Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasiâ€, Edisi Kedua, PT. Ekonisia, Yogyakarta. 2016.

Downloads

Published

2020-09-08

How to Cite

Komarudin, H., Sulaeman, A., & Jasmani, J. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA (ALFAMART) WILAYAH TANGERANG SELATAN. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6798

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif