Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v8i1.53093Keywords:
Motivasi Belajar, Self-Efficacy, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Pamulang. Motivasi belajar adalah faktor krusial yang memengaruhi keberhasilan akademik, dengan komponen utama seperti self-efficacy, tujuan pencapaian, dan strategi belajar. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Prestasi akademik diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa, dengan self-efficacy sebagai komponen yang paling berpengaruh. Analisis regresi linier menghasilkan model yang signifikan, dengan persamaan Y = 3,129 + 0,835 X, menggambarkan hubungan positif antara motivasi belajar (X) dan prestasi akademik (Y). Nilai R Square sebesar 81,2% menunjukkan bahwa model mampu menjelaskan sebagian besar variasi variabel dependen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi belajar, terutama melalui penguatan self-efficacy, dapat memberikan kontribusi positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Motivasi belajar tidak hanya menjadi pendorong utama dalam pendidikan, tetapi juga berfungsi sebagai indikator penting dalam meraih keberhasilan akademik.
References
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Darmawati, D. (2009). Pengaruh Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika. Universitas Negeri Semarang.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Plenum.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2017). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York: Guilford Press.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (https://www.google.com/search?q=2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Hampshire: Cengage Learning.
Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric Theory (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.
Pintrich, P. R., & Groot, E. V. D. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.
Robbins, S. P. (2007). Organizational Behavior. Upper Saddle River: Pearson Education.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Skinner, B. F. (1938). The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. New York: Appleton-Century-Crofts.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi Efektif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).




