Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang

Authors

  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang
  • R.R. Mardiana Yulianti Universitas Pamulang
  • Nur Aini Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v8i1.53093

Keywords:

Motivasi Belajar, Self-Efficacy, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Pamulang. Motivasi belajar adalah faktor krusial yang memengaruhi keberhasilan akademik, dengan komponen utama seperti self-efficacy, tujuan pencapaian, dan strategi belajar. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Prestasi akademik diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa, dengan self-efficacy sebagai komponen yang paling berpengaruh. Analisis regresi linier menghasilkan model yang signifikan, dengan persamaan Y = 3,129 + 0,835 X, menggambarkan hubungan positif antara motivasi belajar (X) dan prestasi akademik (Y). Nilai R Square sebesar 81,2% menunjukkan bahwa model mampu menjelaskan sebagian besar variasi variabel dependen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi belajar, terutama melalui penguatan self-efficacy, dapat memberikan kontribusi positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Motivasi belajar tidak hanya menjadi pendorong utama dalam pendidikan, tetapi juga berfungsi sebagai indikator penting dalam meraih keberhasilan akademik.

References

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Darmawati, D. (2009). Pengaruh Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Plenum.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2017). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York: Guilford Press.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (https://www.google.com/search?q=2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Hampshire: Cengage Learning.

Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric Theory (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Pintrich, P. R., & Groot, E. V. D. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.

Robbins, S. P. (2007). Organizational Behavior. Upper Saddle River: Pearson Education.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Skinner, B. F. (1938). The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. New York: Appleton-Century-Crofts.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-10-22

How to Cite

Maharani, H., R.R. Mardiana Yulianti, & Nur Aini Yusuf. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang . Jurnal Ekonomi Efektif, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.32493/JEE.v8i1.53093

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.