Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat

Authors

  • Sugeng Widodo Universitas Pamulang.
  • Cecep Efendi
  • Gatot Kusjono Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.62-69.9249

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Promosi yang dilakukan Toko Citra Pasar Senen di Jakata Pusat berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Kalkulator Casio. Untuk mengetahui Harga pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat berpengaruh terhadap Keputusan pembelian Kalkulator Casio. Untuk Mengetahui Secara bersama-sama Promosi dan Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian kalkulator Casio. Penelitian ini bersifat asosiatif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 7859, sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 Responden yang merupakan pelanggan pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat. Tekhnik pengumpulan data dengan cara kuisioner. Pengolahan data menggunakan Statistical Product and Service Solution for Windows version 22 (SPSS versi 22). Metode analisis yang dipakai adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, Promosi Pada Toko Citra Pasar Senen di Jakarta Pusat dikategorikan Tinggi. Dilihat dari nilai rata-rata score adalah 4.06 ada dalam interval 3.40 – 4.19, dan Harga dikatagorikan Tinggi dengan nilai score 3.98 ada pada interval 3.40 – 4.19, Keputusan Pembelian dikategorikan tinggi. Dengan  score adalah 4.11 ada dalam interval 3,40 – 4,19. Hasil analisis menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh r = 0,514. Hal ini menunjukan adanya pengaruh yang positif dan cukup kuat antara Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Perhitungan dengan menggunakan koefesien determinan hasilnya adalah 26,4%, berarti keputusan pembelian sebesar 73,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji signifikansi  maka t-hitung < t-tabel yaitu 0,382 < 2,77645 diperkuat nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dapat dikatakan signifikan artinya Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi(X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian(Y).

Kata Kunci: Promosi, Harga, Keputusan Pembelian     

 

Author Biography

Gatot Kusjono, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Scholar ID   : hQWXdEkAAAAJ
Sinta ID      : 6654926
Scopus ID   : 57219986237
Orcid ID     : ORCID iD iconhttps://orcid.org/0000-0001-8058-033X

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Appley, A Lawrance dan Lee, Oey Liang. 2010. “ Pengantar Manajemenâ€. Jakarta : salemba Empat.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Djaslim Saladin dan Herry Achmad Buchory. 2010. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab, Linda Karya, Bandung

Efendi, Jusuf Udaya, Setiyaningrum. 2015. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta : Andi.

Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia. BPFE-Yogyakarta.

Istijanto, 2009. Aplikasi Riset Pemasaran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

M.A., Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wilson Setiawan. 2012. Jurnal Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Di Surabaya.

Kamal, Rachma Anindya. 2014. Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Coffe Stove Syndicate Café Semarang). Vol 3 Mo 13 Tahun 2014.

Nia Aprilia. 2013. Jurnal Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dryriana Bakery Dan Cafe Pandaran. Vol 2 No 12 Tahun 2012.

Muanas Ahmad. 2014. Jurnal Riset Dan Ilmu. Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Vol 3 No 1 Tahun 2014.

Amiludin Lucky. 2015. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Pengauh Kualitas Produk, Promosi Dan Store Atmosfer Terhadap Keputusan Pembelian KFC Mega Mas Manado. Vol 15 No 5 Tahun 2015.

Ekawati, Soegianto, Yudhyani. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Air Mineral Aqua Di Samarinda.

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.