Pengaruh Sistem Informasi SDM, Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Mitra Global Kencana

Authors

  • Riski Eko Ardianto Universitas Pelita Bangsa
  • Maha Putra Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i2.16510

Keywords:

Sistem Informasi SDM, Pelatihan Kerja, Disiplin Kerja

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan suatu usaha. dalam hal ini karyawan pada PT. Mitra Global Kencana memiliki peran yang sangat penting dalam proses pencapaian perusahaan, oleh karena itu sistem informasi sdm, pelatihan kerja dan disiplin kerja perlu diterapkan untuk tercapainya kinerja karyawan yang baik. Dilihat dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah sistem informasi sdm, Pelatihan kerja dan Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan? Jenis di dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel ini dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang mana semua jumlah populasi dijadikan sampel pada penelitian ini yang berjumlah 63 responden, dan pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis linear berganda dan uji hipotesa. dengan menggunakan program aplikasi SPSS Versi 25 yang menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sistem informasi sdm, pelatihan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa sistem informasi sdm berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dilihat dari hasil thitung (6,349) > ttabel (1,998) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05), Pelatihan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan dilihat dari thitung (4,400) > ttabel (1,998) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05), dan Disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan hasil thitung (3,490) > ttabel (1,998) dan nilai signifikansi (0,001) < (0,05).

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2015). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Azwar (2014). Metode Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Dwi Priyatno. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahan nya Melalui SPSS Praktis Dan Mudah Dipahamai Untuk Tingkat Pemula Dan Menengah. Yogyakarta : Gava Media.

Ghozali. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP Semarang.

Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Juliandi, dkk. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis.(Medan Umsu Press, 2015)

Juniar. (2013). Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dan Kegagalan Sistem Informasi Manajemen Dalam Penerapannya Disuatu Organisasi.

Malayu S.P (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Remaja, Rosdakarya Bandung.

Nurjaya, N., et al. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172-184.

Priyatno. (2016). SPSS. Analisis Data, Olah Data, Dan Penyelesaian Kasus-Kasus Statistik. Yogyakarta : Mediakom.

Putra, Maha, Muhamad Bukhori. (2021). The Influence of Leadership and Work Discipline on The Employees' Performance at PT Tri Centrum Fortuna. https://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jipb. Jurnal IlmiahPoli Bisnis, Volume 13No.1 April 2021.

Raymon McLeod, J. (2012). Sistem Informasi Jilid Dua. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta 2001.

Rismawati, M. (2018). Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Celebes Media Perkasa.

Rivai, Veithzal (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rudiansyah Noor. (2012). Metodologi Penelitian . Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Setiawan. (2014). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Siagian. (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sidh. (2013). Perananan Brainware Pada Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Computech & Bisnis 7 (1), 19-29.

Silaen. (2018), Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Bogor : In Media.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.