Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Pengetahuan dan Kinerja Inovasi Usaha

Authors

  • Prayekti Prayekti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Jajuk Herawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Mohammad Ahyar Syafwan Lysander Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i3.20379

Keywords:

Praktek HRM, Modal Relasional, Modal Struktural, Kinerja

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan penelitian antara human resource management, modal struktural, modal relasioanal dan kinerja inovasi usaha. Peneliti membantah bahwa kinerja inovasi usaha dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Gunungkidul sebagian besar di mungkinkan oleh Praktek Human Resource Management berbasis pengetahuan. Peneliti telah menguji ide ini secara empiris dalam data survei kepada 100 responden yang tersebar didesa se Kabupaten Gunungkidul menggunakan persamaan struktural permodelan (SEM) berdasarkan Partial Least Square (PLS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek HRM berbasis pengetahuan positif mempengaruhi kinerja inovasi dan menggambarkan peran penting dari sumber daya manusia dalam hubungan ini: praktik HRM berbasis pengetahuan berdampak terhadap modal structural dan modal relasional dan juga memengaruhi kinerja inovasi dengan meningkatkan modal struktural dan relasional pelaku UMKM di Kabupaten Gunungkidul.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Penerbit Andi.

Indrawan, R., & Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. PT. Refika Aditama.

Kumala, D., Utarindasari, D., & Joesyiana, K. (2022). Effect Of Work Stress On Employee Productivity At Pt Unggul Karya In The Extruder Division. International Journal of Sharia Business Management, 1(1), 27-32.

Mahsun, M. (2009). engukuran Kinerja Sektor Publik (3th ed). Yogyakarta: BPFE.

Menor, L. J., Kristal, M. M., & Rosenzweig, E. D. (2007). Examining the influence of operational intellectual capital on capabilities and performance. Manufacturing and Service Operations Management, 9(4), 559–578. https://doi.org/10.1287/msom.1060.0131

Minbaeva, D., & Collings, D. (2013). Seven myths of global talent management. International Journal of Human Resource Management, 24. https://doi.org/10.1080/09585192.2013.777539

Mutaufiq, A. (2021). PENGARUH PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK. Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 45-57.

Nofiar, N., Maswarni, M., Nurjaya, N., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Implementation of Good Governance and Corporate Social Responsibility (CSR) in the Development of Human Resources in MSMEs, Iwul Parung Village on 2020. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1).

Pablos, P. (2004). Measuring and Reporting Structural Capital: Lessons from European Learning Firms. Journal of Intellectual Capital, 5, 629–647. https://doi.org/10.1108/14691930410567059

Rahmanto, B. T., Nurjanah, S., Darmo, I. S., Bisnis, F., & Teknologi, I. (2018). ( Ditinjau Dari Faktor Internal ). 3(1), 1–10.

Saddam, M. F. & M. (2017). Pengaruh Modal Manusia , Modal Struktural , Modal Relasional , Terhadap Kapabilitas Inovasi Dan Efisiensi Operasional Modal Serta Implikasinya Terhadap Kinerja BisniS. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12.

Safuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Karyawan Unit Usaha Pelabuhan Indonesia II (Studi Kasus Human Resource Management KSO Terminal Petikemas Koja). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta , 8 November 2016, November 2016, 1–12. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Sarwono, J. (2007). Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis. CV. Andi Offset.

Sekaran, U. (2016). Research Methods For Business.

Starovic, D. and Marr, B. (2003). Understanding corporate value: managing and reporting intellectual capital. Granfield University: School of Management. http://www.cimaglobal.com/Documents/ImportedDocuments/intellectualcapital(1).pdf [22 March %0A2012].

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Yang, C.-C., & Lin, C. (2009). Does intellectual capital mediate the relationship between HRM and organizational performance? Perspective of a healthcare industry in Taiwan. International Journal of Human Resource Management - INT J HUM RESOUR MANAG, 20, 1965–1984. https://doi.org/10.1080/09585190903142415

Yuangga, K. D., Sunarsi, D., Teriyan, A., Astari, A. A. E., & Setiawati, N. P. A. (2021). Penyuluhan Management Creative Dalam Mendongkrak Inovasi Dan Memajukan Usaha Pada Sai Silver Bali. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 46-52.

Zablah, A., Bellenger, D., & Johnston, W. (2004). An Evaluation of Divergent Perspectives on Customer Relationship Management: Towards a Common Understanding of an Emerging Phenomenon. Industrial Marketing Management, 33, 475–489. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2004.01.006.

Downloads

Published

2022-05-13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.