Membangun Kinerja Pegawai Melalui Peningkatan Budaya Organisasi

Authors

  • Betty Ruswulandari Universitas Islam Batik Surakarta
  • Sudarwati Sudarwati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Sarsono Sarsono Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i3.20381

Keywords:

Kepemimpinan, Budaya Organisasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan dalam budaya organisasi. Penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yaitu penelitian berdasarkan penelaahan terhadap buku, jurnal, dan literatur terdahulu yang berkaitan dengan tema yang akan diteliti. Dengan metode studi pustaka data akan diinterpretasikan seacara analisis deskriptif. Tahap analisis data adalah hal-hal yang bersifat umum kemudian disimpulkan menjadi hal-hal tertentu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan mempunyai peran penting dalam membentuk budaya organisasi yang efektif, pemimpin mempunyai peran dalam perubahan budaya dan juga sebagai manajer budaya. Secara signifikan bahwa kepemimpinan yang baik dalam suatu organisasi akan melahirkan budaya organisasi yang baik dan menunjang produktivitas sebuah organisasi. Dan secara general kepemimpinan saling berkaitan dengan budaya organisasi, kepemimpinan yang baik akan melahirkan budaya organisasi yang sehat.

References

Erwin & Firdiansyah. R. (2020). Komitmen Pemimpin Dalam Menciptakan Budaya Organisasi Untuk Menghasilkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Dwi Sapta Pratama). Jurnal Manajemen & Bisnis Aliansi. 1(14). 7-14.

Faturahman, B.M. (2018). Kepemimpinan Dalam Budaya Organisasi. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan. 10( 1). 1-11.

Hermaningsih, A. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan. 5(1). 22-37.

Kartono, Kartini. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Matondang. 2008. Budaya Organisasi dan Manajemen Strategik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moeheriono, T. (2012) Moeheriono, T. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. diterjemahkan oleh: Diana Angelica ed.12. Jakarta: Salemba Empat

Rosari, R. (2019). Leadership Definitions Application For Lecturers’ Leadership Development. Journal Of Leadership In Organizations. Vol.1(1). 18-28

Siswanto. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syihabuddin, M. A. (2018). Subyek Kepemimpinan Transformasional Pada Lembaga Pendidikan Dasar. Journal Of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 111-126.

Soesanto, H. (2019). Menciptakan Budaya Unggul Generasi Milenial. PT. Kanisus: Yogyakarta. Trang, D. S. (2013). Gaya Kepemimpinan Dan Budaya organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA. 1(3). 208-216. Timpe,

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.

D.A. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia : Leadership. PT Gramedia:Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.