Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Adzkia Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i3.3013Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru serta untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru pada SMA Adzkia Islamic School. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik kuesioner, data yang diperoleh dari kuesioner yang berjumlah 50 responden kemudian di analisis dan diberikan pembobotan nilai dengan menggunakan skala likert dan menggunakan bantuan Microsoft Office dan rumus-rumus statistik dengan metode uji validitas, uji realibilitas, korelasi product moment, koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepmimpinan kepala sekolah pada SMA Adzkia Islamic School sudah dinilai baik. Hal ini dilihat dari total rata-rata variabel sebesar 3,94 yang berada pada skala interval 4,15. Begitupun degan Kinerja Guru pada SMA Adzkia Islamic School sudah dinilai tinggi. Hal ini dilihat dengan total rata-rata variabel sebesar 4,04 yang berada pada skala interval 4,19. Dengan menggunakan regresi linier sederhana Y= a + bx, dengan nilai Y=24.82 dan X=0.40, korelasi product moment didapat nilai sebesar 0.466, hal ini menunjukan bahwa nilai korelasi antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja Guru Pada SMA Adzkia Islamic School adalah baik. Dan dari hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,225>2,010), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan kinerja Guru pada SMA Adzkia Islamic School. Dan dari perhitungan koefisien determinasi diatas diperoleh dari nilai 17.80%. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru pada SMA Adzkia Islamic School yakni sebesar 17.80%, sedangkan sisanya 82.20% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).