Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Online Store

Authors

  • Nur Faizzatul Amalia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nurul Izzati Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v3i1.17236

Keywords:

Etika Bisnis, Online Store, E-Commerce

Abstract

Etika dan Bisnis, mendeskripsikan etika bisnis secara umum dan menjelaskan orientasi umum terhadap bisnis, dan mendeskripsikan beberapa pendekatan khusus terhadap etika bisnis, yang secara bersama-sama menyediakan dasar untuk menganalisis masalah-masalah etis dalam bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika bisnis Islam dalam online store. Etika bisnis Islam adalah nilai-nilai etika Islam yang secara khusus mengenai aktivitas bisnis yang terdiri dari enam prinsip utama, tentang kebenaran, kepercayaan, kebenaran, pengetahuan, dan keadilan. Teknologi internet mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam dunia ekonomi khususnya dalam hal berbelanja. Belanja yang dilakukan melalui internet ini sering disebut dengan e-Commerce. E-Commerce semakin diminati karena beberapa keunggulan, seperti biaya operasional yang relatif lebih murah dan kemudahan untuk melakukan manajemen barang yang diperdagangkan dan juga kemudahan dalam penyusunan laporan yang diperlukan, karena data yang ada adalah data pasti dengan perhitungan yang akurat. Terdapat pula kemudahan dari sisi konsumen seperti hanya dengan dari rumah atau dimana pun berada, pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia.

 

References

Aminuddin, H Luthfi Hadi, And M Ag, ‘Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Skripsi Oleh : Putri Maghfi Pembimbing ’:, 2020, 1–87

Autoridad Nacional Del Servicio Civil, ‘Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Penjualan Online Melalui Merchant Go-Food Partner Terhadap Peningkatan Omset Para Usaha Kuliner Dimasa Pandemi Covid-19’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19 (2021), 2013–15

Hukum, Jurnal, And Ekonomi Syariah, ‘J-Hes’, 3 (2019)

Juliyani, Erly, ‘63 Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam’, Jurnal Ummul Qura, Vii.1 (2016), 64

Neli Purwanti, Ajeng Pujawati, ‘Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-Commerce’, 3.1, 62–77

Ningsih, Reni Widya, ‘Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Tokopedia’, Reni Widya Ningsih

Prameswary, Titan Nia, Program Studi, Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Sri Abidah Suryaningsih, And Others, ‘Volume 3 Nomor 2 , Tahun 2020 Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo’, 3 (2020), 54–66

Putri, L R, ‘Pengaruh Penjualan Online Dan Offline Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ladyfame Shop Di Bandar Lampung)’, 2019

Ruslang, Ruslang, Muslimin Kara, And Abdul Wahab, ‘Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.3 (2020), 665

29040/Jiei.V6i3.1412>

Shim, Hyewon, Naechul Shin, Avigail Stern, Sigalit Aharon, Tal Binyamin, Abeer Karmi, And Others, Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Sistem Dropshipping Di Ritel Wilayah Ponorogo, Advanced Optical Materials, 2018, X

Wati, Ambar, Arman Paramansyah, And Dessy Damayanthi, ‘Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli’:, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2.2 (2021), 184–200

Titan Nia Prameswary And Others, ‘Volume 3 Nomor 2 , Tahun 2020 Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo’, 3 (2020), 54–66.

Ruslang Ruslang, Muslimin Kara, And Abdul Wahab, ‘Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.3 (2020), 665 .

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Amalia, N. F., & Azizah, N. I. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Online Store. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/jmab.v3i1.17236

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.