Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Online Store
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v3i1.17236Keywords:
Etika Bisnis, Online Store, E-CommerceAbstract
Etika dan Bisnis, mendeskripsikan etika bisnis secara umum dan menjelaskan orientasi umum terhadap bisnis, dan mendeskripsikan beberapa pendekatan khusus terhadap etika bisnis, yang secara bersama-sama menyediakan dasar untuk menganalisis masalah-masalah etis dalam bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika bisnis Islam dalam online store. Etika bisnis Islam adalah nilai-nilai etika Islam yang secara khusus mengenai aktivitas bisnis yang terdiri dari enam prinsip utama, tentang kebenaran, kepercayaan, kebenaran, pengetahuan, dan keadilan. Teknologi internet mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam dunia ekonomi khususnya dalam hal berbelanja. Belanja yang dilakukan melalui internet ini sering disebut dengan e-Commerce. E-Commerce semakin diminati karena beberapa keunggulan, seperti biaya operasional yang relatif lebih murah dan kemudahan untuk melakukan manajemen barang yang diperdagangkan dan juga kemudahan dalam penyusunan laporan yang diperlukan, karena data yang ada adalah data pasti dengan perhitungan yang akurat. Terdapat pula kemudahan dari sisi konsumen seperti hanya dengan dari rumah atau dimana pun berada, pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia.
References
Aminuddin, H Luthfi Hadi, And M Ag, ‘Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Skripsi Oleh : Putri Maghfi Pembimbing ’:, 2020, 1–87
Autoridad Nacional Del Servicio Civil, ‘Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Penjualan Online Melalui Merchant Go-Food Partner Terhadap Peningkatan Omset Para Usaha Kuliner Dimasa Pandemi Covid-19’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19 (2021), 2013–15
Hukum, Jurnal, And Ekonomi Syariah, ‘J-Hes’, 3 (2019)
Juliyani, Erly, ‘63 Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam’, Jurnal Ummul Qura, Vii.1 (2016), 64
Neli Purwanti, Ajeng Pujawati, ‘Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-Commerce’, 3.1, 62–77
Ningsih, Reni Widya, ‘Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Tokopedia’, Reni Widya Ningsih
Prameswary, Titan Nia, Program Studi, Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Sri Abidah Suryaningsih, And Others, ‘Volume 3 Nomor 2 , Tahun 2020 Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo’, 3 (2020), 54–66
Putri, L R, ‘Pengaruh Penjualan Online Dan Offline Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ladyfame Shop Di Bandar Lampung)’, 2019
Ruslang, Ruslang, Muslimin Kara, And Abdul Wahab, ‘Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.3 (2020), 665
29040/Jiei.V6i3.1412>
Shim, Hyewon, Naechul Shin, Avigail Stern, Sigalit Aharon, Tal Binyamin, Abeer Karmi, And Others, Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Online Sistem Dropshipping Di Ritel Wilayah Ponorogo, Advanced Optical Materials, 2018, X
Wati, Ambar, Arman Paramansyah, And Dessy Damayanthi, ‘Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli’:, El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2.2 (2021), 184–200
Titan Nia Prameswary And Others, ‘Volume 3 Nomor 2 , Tahun 2020 Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo’, 3 (2020), 54–66.
Ruslang Ruslang, Muslimin Kara, And Abdul Wahab, ‘Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.3 (2020), 665 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.