Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Naskah Ilmiah bagi Guru-Guru Se-Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Suprianto Suprianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Gatot Kusjono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Syamruddin Syamruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.23413

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pengembangan sumber daya manusia khususnya pengembangan kompetensi guru dalam menuliskan karya nyata yang dipblikasikan dalam publikasi ilmiah,sehingga karya nyata tersebut dapat dijadikan referensi bagi guru-guru lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan pada kurikulum merdeka saat ini. Kemampuan guru dalam menulis publikasi ilmiah ini tentunya akan sangat membantu guru-guru dalam penilaian kinerja dan kenaikan golongan. Permasalahan yang dihadapi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis publikasi ilmiah, selain terkendala dengan mekanisme penulisan dalam jurnal ilmiah juga mengalami kesulitan dalam mencari jurnal yang mau menerima dan mereview naskah ilmiah yang diajukan oleh guru. Selain itu dalam publikasi naskah ilmiah yang dibuat buru membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pkm) yang dilakukan berupa “peningkatan kemampuan guru dalam menulis naskah ilmiah bagi guru-guru se-kota tangerang selatan”.

References

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus-media.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Kusjono, G. S. (2020). Pelatihan Pembuatan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan (Vol. 1). Tangerang Selatan: Indonesian Journal of Society Engagement.

Kusjono, G. S. (2021). Pendampingan Pengelolaan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan (Vol. 1). Tangerang Selatan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi). doi:DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i2.12509

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-47.

Nazir, M. 1998. Metodologi Penelitian, Jakarta. Ghalia Indonesia

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.

Permendiknas. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Saidah, Z., & Rahmah, A. G. (2021). Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Di Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Salafiyah 2 Gresik. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1).

Suharli, S. &. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa (Vol. 1). Kabupaten Sumbawa: KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Suprayitno, A. (2019). Pedoman Penyusunan dan Penulisan Jurnal Ilmiah bagi Guru. Yogyakarta: Deepublish, CV Budi Utama.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Suprianto, S., Kusjono, G., & Syamruddin, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Naskah Ilmiah bagi Guru-Guru Se-Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.23413

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.