Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Naskah Ilmiah bagi Guru-Guru Se-Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.23413Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pengembangan sumber daya manusia khususnya pengembangan kompetensi guru dalam menuliskan karya nyata yang dipblikasikan dalam publikasi ilmiah,sehingga karya nyata tersebut dapat dijadikan referensi bagi guru-guru lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan pada kurikulum merdeka saat ini. Kemampuan guru dalam menulis publikasi ilmiah ini tentunya akan sangat membantu guru-guru dalam penilaian kinerja dan kenaikan golongan. Permasalahan yang dihadapi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis publikasi ilmiah, selain terkendala dengan mekanisme penulisan dalam jurnal ilmiah juga mengalami kesulitan dalam mencari jurnal yang mau menerima dan mereview naskah ilmiah yang diajukan oleh guru. Selain itu dalam publikasi naskah ilmiah yang dibuat buru membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pkm) yang dilakukan berupa “peningkatan kemampuan guru dalam menulis naskah ilmiah bagi guru-guru se-kota tangerang selatan”.
References
Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus-media.
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Kusjono, G. S. (2020). Pelatihan Pembuatan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan (Vol. 1). Tangerang Selatan: Indonesian Journal of Society Engagement.
Kusjono, G. S. (2021). Pendampingan Pengelolaan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan (Vol. 1). Tangerang Selatan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi). doi:DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i2.12509
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-47.
Nazir, M. 1998. Metodologi Penelitian, Jakarta. Ghalia Indonesia
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.
Permendiknas. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Saidah, Z., & Rahmah, A. G. (2021). Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Di Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Salafiyah 2 Gresik. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1).
Suharli, S. &. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa (Vol. 1). Kabupaten Sumbawa: KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Suprayitno, A. (2019). Pedoman Penyusunan dan Penulisan Jurnal Ilmiah bagi Guru. Yogyakarta: Deepublish, CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.