Membangun Manajemen Komunikasi SDM Yayasan Tahta Arsyika

Authors

  • Wahyu Sobirin Fakultas Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Nur Astriani Sofiana Fakultas Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Desi Wiyanto Fakultas Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Hariyanto Ardi Fakultas Pasca Sarjana Universitas Pamulang
  • Yan Widi Nugraha Fakultas Pasca Sarjana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v2i3.24958

Keywords:

Manajemen, Pelatihan, Komunikasi, Pengetahuan, Sumber Daya Manusia

Abstract

Pengabdian masyarakat berupa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi SDM dalam proses pengajaran dan pengembangan staff dalam membangun manajemen. Sebelum pelatihan dimulai, dilakukan pengarahan kepada peserta. Kegiatan pelatihan terdiri dari pemberian materi, diskusi, serta komunikasi di Yayasan Tahta Arsyika. Untuk evaluasi, seluruh peserta diminta untuk mengisi kuesioner pre dan post test. Nilai pre dan post test dianalisis secara statistik dengan uji t dua sampel berpasangan untuk melihat ada tidaknya perbedaan pengetahuan. Pelatihan dihadiri oleh 15 orang peserta dari guru dan 8 dari murid atau anak yatim di yayasan tersebut. Saat pelatihan, seluruh peserta telah mendapatkan dan mengetahui cara berkomunikasi secara efektif. Terdapat peningkatan pengetahuan peserta pelatihan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan sebesar 5,08 dengan Seluruh peserta dapat melakukan komunikasi efektif dengan panduan tim pelaksana dan menyatakan akan menerapkan metode tersebut di Yayasan. Pelatihan telah berjalan dengan baik dan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta.

References

Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arifin, A. (1998). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico.

Berry, D. (2006). Health Communication Theory and Practice. New York: McGrawHill Education. Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arshad, R., Abu Bakar, N., Thani, N. Y., & Omar, N. (2013). Board composition and accountability of non-profit organizations. Journal of Applied Business Research (JABR), 29(4), 1021. https://doi.org/10.19030/jabr.v29i4.7913

Athoillah, M. A. (2014). Zakat as an instrument of eradicating poverty (Indonesian case). International Journal of Nusantara Islam, 1(2), 73–85. https://doi.org/10.15575/ijni.v1i1.37

Bottiglieri, W. A., Kroleski, S. L., & Conway, K. (2011). The regulation of non-Profit organizations. Journal of Business & Economics Research, 9(9), 51. https://doi.org/10.19030/jber.v9i9.5635

Connolly, C., & Hyndman, N. (2000). Charity accounting: An empirical analysis of the impact of recent changes. The British Accounting Review, 32(1), 77–100. https://doi.org/10.1006/bare.1999.0124

Govender, K., Reardon, C., Quinlan, T., & George, G. (2014). Children’s psychosocial wellbeing in the context of HIV/AIDS and poverty: a comparative investigation of orphaned and non-orphaned children living in South Africa. BMC Public Health, 14(1), 615. https://doi.org/10.1186/1471-2458-14-615

Hsu, J. L., Liang, G.-Y., & Tien, C.-P. (2005). Social concerns and willingness to support charities. Social Behavior and Personality, 33(2), 189–200. https://doi.org/10.2224/sbp.2005.33.2.189

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Sobirin, W., Sofiana, N. A., Wiyanto, D., Ardi, H., & Nugraha, Y. W. (2022). Membangun Manajemen Komunikasi SDM Yayasan Tahta Arsyika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 2(3), 104–109. https://doi.org/10.32493/jmab.v2i3.24958

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.