Perilaku Etis dam Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ Bergerak di Bidang Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Oktafianus Candra Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v3i3.35241

Keywords:

Etika Individu, Etika Bisnis, Perilaku Etis.

Abstract

Penelitian ini membahas perilaku etis dalam konteks Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ yang beroperasi di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. LSM ini didirikan secara sukarela dan bertujuan melayani tanpa mencari keuntungan. Etika individu dan etika bisnis menjadi kunci utama dalam menjalankan operasional. Etika individu mencerminkan nilai dan norma individu yang mempengaruhi perilaku dalam organisasi, sementara etika bisnis adalah standar moral dalam kegiatan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melihat literatur dan observasi di Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ. Hasilnya menekankan peran etika individu dalam mengontrol perilaku, peran etika bisnis dalam menjaga standar moral, dan peran etika manajemen dalam hubungannya dengan relawan, lembaga, dan sponsor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis dan perilaku etis memainkan peran penting dalam menjaga operasional Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ. Beberapa masalah yang perlu diatasi meliputi konflik dengan relawan, kurangnya komunikasi dengan pengurus lembaga dan hubungan yang tidak berlanjut dengan sponsor harus diatasi dengan komunikasi yang baik, pemahaman yang sama, manajemen konflik yang efektif. Salah satu bentuk saran untuk memastikan keadaan dapat berjalan baik dan benar adalah dengan membentuk Dewan Pengawas Independen.

References

Durin, R. (2020). Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Valuta, vol 6, no 1, 2020, pp 32-40.

KBBI KEMENDIKBUD. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etika.

Maiwan, M. (2018). Memahami Teori-Teori Etika: Cakrawala Dan Pandangan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 17(2), 193-215. Diakses melalui https://doi.org/10.21009/jimd.v17i2.9093.

Masruchin. (2018). Etika Individu Dan Organisasi Dalam Bisnis. Istithmar, 2(1), 73–98. Diakses melalui https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/istithmar/article/view/173.

Niko Dwi Haryanto, Andini Mareta, & Ervina Islamiati. (2023). Pelanggaran Etika Bisnis Menjual Produk Bersegmentasi Khusus Di Minimarket. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(2), 99–104. Diakses melalui https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.441.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Candra, O. (2023). Perilaku Etis dam Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ Bergerak di Bidang Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 3(3), 56–59. https://doi.org/10.32493/jmab.v3i3.35241

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.