Perilaku Etis dam Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ Bergerak di Bidang Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v3i3.35241Keywords:
Etika Individu, Etika Bisnis, Perilaku Etis.Abstract
Penelitian ini membahas perilaku etis dalam konteks Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ yang beroperasi di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. LSM ini didirikan secara sukarela dan bertujuan melayani tanpa mencari keuntungan. Etika individu dan etika bisnis menjadi kunci utama dalam menjalankan operasional. Etika individu mencerminkan nilai dan norma individu yang mempengaruhi perilaku dalam organisasi, sementara etika bisnis adalah standar moral dalam kegiatan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melihat literatur dan observasi di Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ. Hasilnya menekankan peran etika individu dalam mengontrol perilaku, peran etika bisnis dalam menjaga standar moral, dan peran etika manajemen dalam hubungannya dengan relawan, lembaga, dan sponsor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bisnis dan perilaku etis memainkan peran penting dalam menjaga operasional Lembaga Sosial Non Pemerintah XYZ. Beberapa masalah yang perlu diatasi meliputi konflik dengan relawan, kurangnya komunikasi dengan pengurus lembaga dan hubungan yang tidak berlanjut dengan sponsor harus diatasi dengan komunikasi yang baik, pemahaman yang sama, manajemen konflik yang efektif. Salah satu bentuk saran untuk memastikan keadaan dapat berjalan baik dan benar adalah dengan membentuk Dewan Pengawas Independen.
References
Durin, R. (2020). Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Valuta, vol 6, no 1, 2020, pp 32-40.
KBBI KEMENDIKBUD. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etika.
Maiwan, M. (2018). Memahami Teori-Teori Etika: Cakrawala Dan Pandangan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 17(2), 193-215. Diakses melalui https://doi.org/10.21009/jimd.v17i2.9093.
Masruchin. (2018). Etika Individu Dan Organisasi Dalam Bisnis. Istithmar, 2(1), 73–98. Diakses melalui https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/istithmar/article/view/173.
Niko Dwi Haryanto, Andini Mareta, & Ervina Islamiati. (2023). Pelanggaran Etika Bisnis Menjual Produk Bersegmentasi Khusus Di Minimarket. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(2), 99–104. Diakses melalui https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.441.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.