Edukasi Kewirausahaan Dalam Kemandirian Remaja Masjid Ar Ridwan Pamulang

Authors

  • Gatot Kusjono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Mardiana Yulianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Sugeng Widodo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Nuraini Yusuf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Fathorrahman Fathorrahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Khayatun Nufus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16672

Abstract

Karakter wirausaha merupakan salah satu cerminan dari revolusi karakter yang ditunjukkan ciri kepribadian individu yang mengarah pada jiwa-jiwa kemandirian. Kondisi pandemic Covid 19 menuntut kreatifitas untuk mandiri dalam segala hal, termasuk dalam hal mengembangkan usaha. Karenanya pengabdian kepada masyarakat ini diperuntukkan bagi generasi muda untuk bangkit dan mandiri dengan tujuan edukasi kewirausaan bagi remaja masjid dalam mempersiapkan diri menjadi generasi yang mandiri dan mampu membuat usaha sendiri. Peserta pelatihan berjumlah 15 orang peserta dengan menggunakan metode pelatihan yaitu lecture,  demonstrasi dan pendampingan. Hasil pelatihan diperoleh bahwa peserta sangat tertarik berminat untuk memiliki usaha sendiri, hal ini sesuai dengan jawaban responden bahwa materi yang diberikan jelas, mudah diikuti dan relevan dengan objektivitas pelatihah  sebanyak 14 orang (96 %) menyatakan sangat baik. Selain itu Sebagian besar peserta pelatihan tertarik untuk mengembangkan usaha mandiri.

 

Kata Kunci: Edukasi; Kewirausahaan; Remaja Masjid; Mandiri.

Author Biography

Gatot Kusjono, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

References

Samarinda. S. Vh., and E. Susilowati, (2016), Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi Sabun dan Detergent, p. 10.

Sampepana, Suroto Hadi Saputra, (2013) Jurnal Riset Teknologi Industri, Pemanfaat Metil Ester Sulfonat pada Pembuatan Deterjen Cair, Eldha, Balai Riset, dan standarisasi Industri

Supandi, E., (2017), Analisis Keunikan Sumber daya dan Strategi Keunggulan Bersaing Produk Kreatif (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat), J. Manag. Bussnies Rev., Vol. 14, No. 2.

Suryana. (2007). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wiley & Sons, Inc. Dessler, Gary, (2017), Human Resource Management, Seventh Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Alma. B, (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Cut Zurnali, (2014), Pengaruh Pelatihan, dan Motivasi Terhadap Perilaku Produktif Karyawan pada Divisi Long Distance PT Telkom Indonesia, Tbk, Tesis, Program Pascasarjana Unpad, Bandung.

De Cenzo and Robbins, (2019), Human Resource Management, Sixth Edition, New York, John

Purnomo, RA, (2016), Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia, p. 111. Sadilah, E., (2010), Ekonomi Kreatif, Jantra, Vol. V, no. 9.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Kusjono, G., Yulianti, M., Widodo, S., Yusuf, N., Fathorrahman, F., & Nufus, K. (2021). Edukasi Kewirausahaan Dalam Kemandirian Remaja Masjid Ar Ridwan Pamulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 1(3), 152–158. https://doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16672

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.