PEMAHAMAN MATERI KETAHANAN NASIONAL TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X DI SMA PGRI 56 CIPUTAT
Abstract
Setiap siswa masih kurang memahami materi tentang ketahanan nasional sehingga siswa menjadi kurang paham dengan maksimal dalam belajar. Adapun tujuan dari materi ini agar dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa dan karakter yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Materi Ketahanan Nasional terhadap Karakter Disiplin Siswa kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif yang populasinya ialah seluruh siswa SMA PGRI 56 Ciputat yang berjumlah 247 peserta didik dan populasi terjangkaunya yaitu peserta didik kelas X yang berjumlah 81 dengan 68 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel.
Penelitian dengan menggunakan uji t yang telah dilakukan menunjukkan data thitung = 12,04 dan ttabel = 0,26 dengan kriteria pengujian Jika thitung< ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak dan jika thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung> ttabel hal ini berarti Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Pemahaman Materi Ketahanan Nasional terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas X di SMA PGRI 56 Ciputat
Kata kunci : Pemahaman Materi Ketahanan Nasional, Karakter Disiplin Siswa
References
Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
Harris Sochie. 1985. Supremasi Hukum dan Prinsip Demokrasi di Indonesia. Yogyakarta : Hanindita
Muhidin Aeng. 2013. Statistik. Tangerang Selatan : Universitas Pamulang.
Nana Sudjana. 2008. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung : Alfabeta.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Bumi Aksara