UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA UNTUK MENCEGAH AKSI TAWURAN ANTAR SEKOLAH (Studi kasus Di SMA PGRI 56 Ciputat)
Abstract
Tawuran sering dilakukan sekelompok remaja, terutama oleh para pelajar sekolah yang sering terjadi.Tentu saja perilaku buruk ini tidak hanya merugikan orang yang terlibat dalam tawuran, akan tetapi merugikan orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran untuk mencegah aksi tawuran antar sekolah di SMA PGRI 56 Ciputat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, yang mengacu pada perspektif teoritis. Adapun subjek penelitian ini adalah 2 Guru dan 5 peserta didik di SMA PGRI 56 Ciputat. Berdasarkan hasil penelitian tentang Upaya guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan kesadaran siswa untuk mencegah aksi tawuran antar sekolah di SMA PGRI 56 Ciputat dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan beserta pihak sekolah bekerjasama untuk membentuk perilaku peserta didik dengan cara memberikan pesan moral pada saat penyampaian materi dikelas, memberikan arahan dan bimbingan mengenai pengetahuan tentang bahaya aksi tawuran serta dampaknya. Adapun kendala yang dihadapi guru PPKn yaitu keterbatasan pengawasan guru pada saat peserta didik sudah berada diluar lingkungan sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan Guru PPKn di SMA PGRI 56 Ciputat sudah menjalankan peran dan tugasnya dengan baik, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai selama ini dalam mengurangi aksi tawuran antar sekolah.
Kata kunci : Upaya Guru, Menumbuhkan Kesadaran, Aksi Tawuran
ABSTRACK
BrReferences
Ali, Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
Daradjat, Zakiyah. 2005. Problema Remaja Di Indonesia. Jakarta : Bulan Bintang
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Idris, Muhammad. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Imran. 2010. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta : Pustaka Jaya
Roestiyah NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.