PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA DUA MEI CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mukti Atun Sariah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Blended Learning terhadap minat belajar peserta didik kelas X SMA Dua Mei Ciputat yang beralamat di Jl. Pesona Gintung No.135, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten. Populasi target dalam penelitian ini adalah 250 peserta didik, sedangkan populasi terjangkaunya sebanyak 93 peserta didik, sehingga sampel penelitian ini adalah 75 peserta didik. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah peneliti paparkan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  di SMA Dua Mei Ciputat Kota Tanggerang Selatan dapat disimpulkan bahwa uji Linieritas Regresi X atas Y, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena Fhitung<Ftabel, yaitu : Fhitung = 1,37<Ftabel = 0,01. Sehingga  regresi X terhadap Y signifikan. Hasil pengujian tingkat keberhasilan pengaruh X terhadap Y, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa X memiliki pengaruh terhadap Y karena thitung> ttabel (N-k = 75-35= 40 α =0,05 yaitu 0,3044) yang berarti thitung = 62,24 > ttabel = 0,30. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil pengujian koefisiensi korelasi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel X terhadap terhadap variabel Y karena rxy > rtabelproduct moment dengan derajat bebas (N-2/75-2=73 α = 0,2272 adalah 0,23) jadi rxy = 1,77 > rtabel =0,23. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 62,24dan ttabel = 0,30 dengan kriteria pengujian Jika thitung< ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak dan jika thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Minat Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

References

Ahmadi, Abu. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Graham, etc. 2014. Blended Learning Research Perspestive. New york: Routledge

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakara.

Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Jumadi. 2018. Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku: Behavior System Group Learning Model. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Ridwan Abdullah Sani. 2014. “Inovasi Pembelajaranâ€. Jakarta : Bumi Aksara

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. 1997. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

JURNAL

Ali alammary, etc.2014.Blended Learning In Higher Education: Three Different Aproaches†Australian Journal of Educational Technologyâ€..

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Sariah, M. A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA DUA MEI CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1), 84–95. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/13778