PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di SMA IT AL- HUSAINY)

Authors

  • M Sukron Makmun Sukron Makmun

Abstract

Arus modernisasi telah banyak memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat yang menyedihkan, perubahan terjadi justru cenderung mengarah kepada kerisis moral dan akhlak. Hal ini tantangan untuk seorang guru masa kini dan masa yang akan datang. Membangun karakter peserta didik bisa melalui lembaga formal yaitu melalui sekolah di mulai dari SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA yang didalamnya terdapat struktur organisasi, didalam organisasi siswa tersebut terdapat kegiatan-kegiatan  yang mana kegiatan itu berupa ( Osis, Pramuka Rohis dan  lain-lain ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA SMA IT AL-Husainy. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini berjumlah 61 peserta didik. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument validasi dan instrument angket peserta didik. setelah itu, dilakukan uji normalitas, uji regresi, dan uji hipotesis penelitian.

Hasil penelitiannya adalah Berdasarkan hasil pengujian koefisien Korelasi diketahui rxy > rtabel product moment dengan derajat bebas (N-2/61-2=59 α = 0,05 adalah 0,252) jadi rxy = 0,99 > rtabel = 0,252. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian koefisien korelasi pengujian Thitung dan uji signifikansi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kegiatan Rohani islam (ROHIS) Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi tentang Kegiatan Rohani islam (ROHIS)Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA IT AL-Husainy. memberikan kontribusi sebesar 98%.

References

Agus Wijaya,N. Furnomolastu,A. J. Tjahjoanggoro , 2015 , Kepemimipinan Berkarakter, Surabaya : Brilian Internasional.

Afwan Muhammad Rizki dan Rakhmawati, 2018 , Rohis dari Dua Perspektif, Suka Bumi : Cv Jejak.

Akhmad Muhaimin Azzet, 2011, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzza Media.

Aisya, 2018, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Jakarta: Kencana :Divisi Dari Prenadamedia Grub.

Ari Ginanjar Agustian, 2003, Rahasia Sukses Membangkitkan ISQ Power; Sebuah Iner Journey Melalui Insan, (Jakarta: Arga.

Amirualloh Syarbini, Model pendidikan karakter dalam keluarga, Jakarta: Penerbit PT Elex Media kopotindo Kelompok Gramedia

Agus Zaenul Fitri, 2014, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan di Sekolah,(Jogjakarta: Ar-Ruzza Media.

Andhita Dessy Wulansari, 2012, Penelitian Pendidikan : Suatu pendekatan praktik dengan menggunakan SPPS Yogyakarta : STAIN Po PRESS,

Dr. Rumlan Ahmad, 2018, Profesi keguruan, Jogjakarta: Ar-Ruzza Media.

Eca Gesang mentari. Dkk, Manajemen pengembangan Pendidikan Anak usia Dini, ( Jawa Tengah: Desa Pustakaan Indonesia )

Herwulan Irine purnama, 2019, penguatan Pendidikan Karakter berbasis Budaya Literasi Dasa, Pontianak: Yuda English Galery.

Haidar Bagi, 2019, Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, Jakarta Selatan: Mizan PT Mizan Publika.

I Made Laut Mertha Jaya, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta:Quadrant.

Jamil Suprihatiningrum, 2014, Guru Profesional, Jogjakarta : Ar-Ruzza Media.

Jaja Suteja, 2013, Etika Profesi keguruan, Yogyakarta: Grup Penerbitan Cv Utama.

Moh. Noor, 2019, Guru profesional dan Berkualitas, Jawa Tengah : Alprin.

Mukarromah, 2018, Pendidikan Islam Integratif berbasis Karakter, Yogyakarta: Penerbit Rubrik.

Miftahul Achyar Kertamuda, 2015 ,Golden Age: Strategi Sukses Membantu Karakter Emas Pada Anak Usia Dini Jakarta: penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Muhammad Daut, 2014 , pendidikan agama Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

M. Imam Pamungkas, 2016, Akhlak Muslim Modren membangun Karakter Generasi Muda, Bandung: marja.

Marzuki, 2015, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah.

Nugroho Widiyantoro, 2003 , Panduan Dakwah Sekolah, Kerja besar untuk Perubahan Besar, Bandung: Syaamil Cipta Media.

Nasruallah Nurdin, Pedoman Pembinaan Rohis Di Sekolah Dan Madrasah, Jakarta: Emir, Imprint dari Penerbit Erlangga.

Prayit Nur, 2017, Kepemimpinan,(Yogyakarta:Kelasi Inti Media Group.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 10 Tahun 2015 Tentang Organisasi Dalam tata kerja Institut Agama Islam Negri Langsa.

Paul suparno, 2015, Pendidikan karakter Di Sekolah, Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.

Rohinah M. Noor, 2015, Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Jogjakarta:Ar-Ruzza Media.

Rahayu Ummy Farida, 2016, ¬Nurul Ikhsan dan DKK, relegius, Jakarta: Eluxima.

Rahmat, 2013, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013, Yogyakarta: Bening Pustaka.

Sri Narwati, 2012 , Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Grub Relasi Intimedia, Anggota IKAPI.

Safrida dan Dewi Andayani, 2017 , Aqidah dan Etika Dalam Biologi, Banda Aceh: Syiah Kuala University press.

Saeful uyun, Shilphy A. Octavia, Dkk , 2020 ,Manajemen Sekolah/Madrasah Adiwyati, Yogyakarta: Grub Penerbit Cv Budi Utama.

S.Margono , 2007 , Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet Riyanto Dan Aglis Andhita Hatmawanta, Metode Riset Penelitian Kuantitatip Penelitian Dibidang Manajemen, Teknik,Pendidikan, Dan Eksperimen, (Yogyakarta: CV Budi utama, 2020),h.3

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bab IV Pasal 8

Undang-Undang Republik Indonesia No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah pasal 2

Undang-Undang Republik Indonesia No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-Undang Republik Indonesia No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Pedoman Kegiatan

Wisnu Aditya Kurniawan, 2018 , Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (penguatan Pendidikan Karakter Siswa),Jawa barat: CV Jejak.

Zuhairini, 1957, filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksar.

Zubeidi,2011, desain pendidikan karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumber Jurnal

Aas Siti Sholichah, Disertasi Doktor: “Pendidikan Karakter Anak Prabalig Berbasis Al-Qur’anâ€( Jakarta: Insitut PTIQ Jakart. 2019

Asif Az Zafi,“Nilai Nasionalisme Kebangsaan Aktivis Rohiâ€Jurnal Pendidikan Islam, 2019.

Akmal, F,. Retno, T,. dan Syarifa Gustian,“ Ekstrakurikuler Rohis Dalam Pengaruh Terhadap Motivasi belajar Siswa†2019

Badrus Zaman, “ Pelaksanaan Mentoring Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Dalam Meningkatkan Kecerdasaan Spritual. 2017

J.C Tukiman Taruna, Analisa Organisasi dan Pola-Pola Pendidikan, Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2017

Lentera, “Pembenia Keagamaan Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Melalui Rohanis Islam (ROHIS).

Mohamad, S Rohman., Moch, Y., dan Wartono. “Peranan Ekstarakulikuler Rohani Islam (ROHIS) Dalam Mengembangkan Sikap Beragam Peserta Didik Di SMA Negri Dramaga Bogor†prosiding, 2019.

Nur Ainiyah, “Pembentukan Karakter Melalui pendidikan Agama islam†Jurnal Al-Vlum, 2013.

Siti Anisa Salsa Bila, Skripsiâ€Hubungan Antara Religiusitas Dengan Pengetahuan, Sikp, Dan Prilaku Kesehatan Reproduksi Remajaâ€. Dalam Skripsi, Bandar Lampung: Universitas lampung, 2017

Salahudin. “Implementasi Kegiatan Ekstarakurikuler ROHIS Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Dimadrasah Aliyah 13 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai†Hijri, 2017.

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Makmun, M. S. M. S. (2021). PENGARUH KEGIATAN ROHANI ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di SMA IT AL- HUSAINY). Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1), 96–109. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/13779