KENDALA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nurul Hikmah

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis kendala orang tua pada pembelajaran online pandemi Covid-19 di Kampung Cibadak Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner kepada 75 orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SMP/Mts dan SMA/SMK di Kampung Cibadak Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.  Hasil penelitian menunjukkan adanya kekurangan interaksi dan komunikasi orangtua terhadap anak dan guru di sekolah yang membuat orang tua tidak memberikan solusi apabila anak sedang mendapat kesulitan saat belajar online. Tidak hanya itu, pada masa pandemi Covid-19 yang menggunakan media pembelajaran online sering terjadi kendala yang berpengaruh terhadap kelancaran pembelajaran yaitu keterbatasan waktu orang tua untuk mendampingi anaknya saat belajar, serta kendala orang tua untuk mendampingi anak belajar online dirumah yaitu kurangnya pemahaman materi orang tua, adanya kesulitan menumbuhkan motivasi belajar pada diri anak, terdapat orang tua yang kesulitan dalam menggunakan handphone dan kendala terkait jangkauan layanan internet yang kurang memadai.

 

References

(WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 – 12.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jones, K., & Sharma, R. (2019). Imaginimg A Future For Online Learning. New York.

Khasanah, Pramudibyo, & Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Palusci, S., & Doom, J. (2020). Strees and Parenting during The Global COVID-19 Pandemic. PsyArXiv Preprints, 1-41. DOI: 10.31234/osf.io/ucezm.

Prabhawani, S. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program sekolah. FKIP UNY, 1-202.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Corona Virus Pusheh Education Online. Nature Materials, 687-687. Doi: h ttps://doi.org/10.1038/s41563-202-0678-8.

Tabiin. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Ditengah Pandemi. Jurnal Golden Age, Vol. 04 No 1 Hal 190-200 E-ISSN: 2549-7367.

Wang, Q., Zhu, Q., Chen, L., & Yan, H. (2009). E-leraning in China. Campus-Wide Information, Systems, 26,n.2. https://doi.org/10.1108/10650740910946783.

WHO. (2020). Diambil 29 Mei 2020, dari website: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Yin, R. (2003). Case Study Research: Design and Method. Open Journal of Social Sciences,68-90.

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Hikmah, N. (2021). KENDALA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1), 114–126. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/13781