PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PPKN.
Abstract
Penggunaan sebuah model pembelajaran yang tepat dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang didapatkan oleh peserta didik dari seorang guru baik di dalam maupun di luar kelas pada sebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk dijadikan acuan dalam praktik siswa dalam melakukan interaksi sebagai warga dalam sebuah lembaga pendidikan, salah satunya dalam pembentukan sebuah karakter yakni adanya sikap kerjasama antar peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, menunjukan bahwa penggunaa model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PPKn tersebut menjadi refleksi kehidupan peserta didik, terutama dalam pembentukan sebuah karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan adanya sikap kerjasama . Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan berkenaan dengan model pembelajaran berbasis proyek yang mempengaruhi pemikiran, pengetahuan, dan pengaruh kepada siswa dalam sebuaj sikap kerjasama antar peserta didik dalam mepelajari pelajaran PPKn di dalam sebuah sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Metode Survei melalui sebuah observasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas VII SMPN 2 Kelapa Dua, Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket validasi. Sebelum digunakan, instrumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data pemahaman konsep dengan paired sample test.