Dampak Video Teks Penjelasan Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Rena Gustyani Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa menggunakan media video teks penjelasan dengan media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode penelitian Eksperimen. Unit analisis adalah sekolah MA TEI Multazam Rumpin Bogor. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video teks penjelasan sama dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dokumenter. Tidak terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada kelas Eksperimen menggunakan media video teks penjelasan dan kelas Kontrol menggunakan media film dokumenter. Hal ini menunjukan penggunaan media pembelajaran video teks penjelaan terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan nilai rata-rata 75.25 sedangkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang menggunakan media pembelajaran media film documenter memperoleh rata-rata

75.75 maka dapat dilihat bahwa penggunaaan media pembelajaran video teks penjelasan dengan media pembelajaran film documenter tidak terdapat perbedaan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari data test hasil belajar diperoleh (Sig. =0.941 > 0.050).

Kata kunci : Media Pembelajaran Video Teks Penjelasan, Hasil Belajar

 

References

Atikah, N. (2016). Pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswaPada Konsep sifat-sifat cahaya (quasi eksperimen di SD Dharma Karya)

Munawaroh, L. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. 1-17.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Gustyani, R. (2022). Dampak Video Teks Penjelasan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(2), 181–187. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/16908