PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Amalina Septiana Universitas Pamulang

Abstract

Amalina Septiana, 2016150228. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2020. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Model pembelajaran open ended adalah salah satu model pembelajarana berbasis masalah, dimana model pembelajarana open ended ini diperlukan siswa yang aktif dan kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan yanga ada. Dalam menyelesaikan masalah tersebut model pembelajaran open ended ini membebaskan perserta didik untuk mencari jawaban dengan berbagai cara yang dianggap dapat memecahkan permasalahan yang ada. Dalam mata pelajaran PPKn hal tersebut diperlukan karena dalam mata pelajaran ini peserta didik diharuskan untuk menganalisis setiap peristiwa agar peserta didik lebih aktif dan kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Dimana populasi berjumlah 186 sedangkan populasi target 80. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan rumus solvin, kemudian diperoleh angka 67 sampel. Instrument yang penulis gunakan berupa soal dan angket. Pada instrument dilakuakn pengujian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Chi Kuadrat dan Uji Homogenitas Uji Bartlett, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian ini diperoleh hasil uji signifikan nilai Fhitung 2,581 > Ftabel 0,015 dan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran open ended Thitung -12,38 > Ttabel -1,65. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open ended memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

 

 

References

A. Ubaedillah & Abdul Rozak., Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). (Jakarta: ICCE UIN Jakarta, 2008).

Abd. Rozak., Fauzan., H. Ali Nurdin. Kompilasi Undang-Undang & Peraturan Bidang Pendidikan. (Jakarta: FITK Press, 2010),

Lefudin. “Belajar dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi

pembelajaran, pendekatan

Deepublish, Maret 2018.

Yaswinda.â€Model pembelajaran sains berbasis multisensorik- ekologi (PSB MUGI) bagi anak usia diniâ€.(edu publisher: september 2019).

pembelajaran dan Metode pembelajaranâ€.Yogyakarta: Deepublish. Februasi 2017.

Prof. Dr. Ezmir, M.Pd, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Kota Depok: PT Raja Grafindo, 2017), h.28

S. Margono, Metodologi Pendidikanâ€. (Jakarta: Renika Cipta, 2007),

S. Nasution., Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti,1990).

Suardi. Moh. “Belajar dan pembelajaranâ€.Yogyakarta:

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Septiana, A. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(2), 239–250. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/16915