PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMA Riyadlul Jannah )
Abstract
Miftahul Lukman (2016150139). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. 2021.
Skripsi “Peran Guru PPKn dalam menumbuhkan motivasi berprestasi peserta didik pada pembelajaran PPKN Di SMA Riyadlul Jannahâ€.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam menumbuhkan motivasi berprestasi di SMA Riyadlul Jannah
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan mengunakan pendekatan deskriktif. Dengan subjek penelitian guru PPKn dan siswa kelas XI di SMA Riyadlul Jannah Adapun teknik analisis data (observasi, wawancara dan dokumentasi), reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa: Peran Guru PPKn Dalam Memberikan Motivasi Berprestasi memiliki peran yang sangat penting bagi perserta didik. Oleh karena itu Guru PPKn harus menjadi acuan yang baik dalam memberikan motivasi berprestasi di SMA Riyadlul Jannah. Peran guru PPKn dalam memnerikan motivasi berprestasi ter realisasikan. Terlihat dalam proses kegiatan pembelajaran PPKn guru menumbuhkan Motivasi berprestasi keperserta didik dengan menanamkan kepada perserta didik adalah membangun rasa percaya diri perserta didik melalui materi pembelajaran PPKn yang meliputi cerita para pahlawan pahlawan bangsa indonesia dalam merebut kemerdekan bangsa indonesia.
References
Abdul Rahman Shaleh, dan muhib abdul wahab Pisikolongi Suatu Penganta (dalam prespektif Islam) Jakarta Kencana 2004
Ahmad Muzalir pisikologi pendidikan ( Bandung : Pustaka setia, 1997)
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah (Jakarta : PT Bumi Aksara 20011)
Azahra Arsyad. Media pembelajaran (Jakarta : PT Raja Grapindo Persada Thn 2003)
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam,( Jakarta : Amzah 2010)
C.S.T. Kansil dan Charistine S.T (disiplin berlalu lintas di jalan raya (Jakarta: Rineka Cipta,Thn 1994)
Dapartemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonrsia.(Jakarta:Balai Pustaka,1988)
Djaali, Pisikologi Pendidikan ( Jakata: Bumi Aksara, 2009)
Djam’an Satori, Dkk, Profesi Keguruan,
(Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Dr. Muhammad Holis, M. Si. Dk, Fenomena Guru Perspektif Fungsi Dan Identitas Sosial, (Surabaya: CV Jakat Publishing, 2019)
Gestalt Pisikologi Pendidikan (Alisuf Sabri, 1996)
Hamzah B Uno. Teori Motivasi Dan Pengukurannya.(Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Ngalim Purwanto, Pisikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1993)
Http:/Www.Gunadarma.Ac.Id/Iibrary/Arti cles/Graduate/Psychology/2009/Art ikel10504121.Pdf, Di Ambil Pada Hari Senin 21 September 2020
M. Alisuf Sabri, Pengantar Pisikologi Umum Dan Perkembangan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya , 1993)
Marihot Manullang, Manajemen Personalia.(Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006)
Miles, B. Mathew Dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya 2011)
Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996)
Muhammad Ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2008)
Muhibin Syah, Pisikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosadakarnya, 2006)
Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru,
(Malang: UIN Maliki Press, 2011)
Mulyasya. E, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2008).
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Dan Mengajar.( Bandung: Remaja Rosda Karya 2009)..
Nana Sudjana, Penelitian Hasil Proses Belajar, (Bandung:Rosda Karya, 2014)
Ngalim Purwanto, Pisikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan,
(Yogyakarta: Teras, 2012)
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru:Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)
Poerwadarminto, W. J. S, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka 2003)
Popi Sopianti Dan Sihari Sahrani, Pisikologi Belajar Dalam Prespektif Islam, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)
Prof. Dr. H. Muhammad Surya, Psikologi Guru: Konsep Dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru, (Jakarta: Alfabeta 2010)
Sardiman. A .M, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, ( Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2012), Cet. Ke-21
Soekidjo. N, Pengembangan Sumberdaya Manusia (Jakarta:Rineka Cipta Thn 2009)
Soetjipto Dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan ( Jakarta: Rineka cipta Thn 2001)
Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis Dan Apliatif- Normatif, (Jakarta: Amzah, 2013)
Syaiful Syagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009)
ST. Kartono, Menjadi Guru Untuk Muridku, (Yogyakarta: Kanisius, 2011)
Sudili. Manajemen Sumberdaya Manusia
(Bandung: Pustaka Setia)
Sulhan,Pedoman Dan Penyusunan Pengembangan Diri, (Jakarta: 2011,)
Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik, Soetjipto Dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan (Jakarta: Universits Terbuka, 2007)
Syaiful Bahri Djamarah, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Upardi, Kinerja Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)
Wingke Pisikologi Pendidikan (2009)