PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
Abstract
Mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang-bidang ilmu lainnya juga ikut berkembang. Contohnya dibidang pendidikan, dalam perkembangan bidang pendidikan yaitu seperti perkembangan kurikulum yang di gunakan untuk sekolah. Dalam tulisan ini membahas mengenai pengembangan kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru dan juga mengenai pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian studi pustaka atau kepustakaan. Studi pustaka ini memanfaatkan sumber perpustakaan, penelitian yang terdahulu, serta referensi yang relevan dengan topik seperti jurnal, buku, artikel serta referensi lainnya yang memiliki keterkaitan dengan topik yang penulis bahas pada penelitian ini untuk didapatkan datanya dan diolah dengan baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika pengembangan kurikulum dapat meningkatkan kinerja guru, yang didasari oleh tuntutan guru sebagai pendidik agar selalu memanfaatkan pengetahuan serta kemampuannya dalam menjalankan tugas sebagai guru secara profesional. Dan pembelajaran PPKn dapat meningkatkan kompetensi seorang guru dan skill guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Sehingga dengan adanya pengembangan dan pembelajaran PPKn itu dapat meningkatkan kompetensi dan skill seorang guru atau biasa disebut dengan kinerja guru. Oleh karenanya, sebagai seorang guru harus memiliki kinerja yang kompeten agar menghasilkan peserta didik yang kompeten juga.
Kata-kata kunci: Pengembangan Kurikulum; Pembelajaran PKn; Kinerja Guru
References
Mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang-bidang ilmu lainnya juga ikut berkembang. Contohnya dibidang pendidikan, dalam perkembangan bidang pendidikan yaitu seperti perkembangan kurikulum yang di gunakan untuk sekolah. Dalam tulisan ini membahas mengenai pengembangan kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru dan juga mengenai pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian studi pustaka atau kepustakaan. Studi pustaka ini memanfaatkan sumber perpustakaan, penelitian yang terdahulu, serta referensi yang relevan dengan topik seperti jurnal, buku, artikel serta referensi lainnya yang memiliki keterkaitan dengan topik yang penulis bahas pada penelitian ini untuk didapatkan datanya dan diolah dengan baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika pengembangan kurikulum dapat meningkatkan kinerja guru, yang didasari oleh tuntutan guru sebagai pendidik agar selalu memanfaatkan pengetahuan serta kemampuannya dalam menjalankan tugas sebagai guru secara profesional. Dan pembelajaran PPKn dapat meningkatkan kompetensi seorang guru dan skill guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Sehingga dengan adanya pengembangan dan pembelajaran PPKn itu dapat meningkatkan kompetensi dan skill seorang guru atau biasa disebut dengan kinerja guru. Oleh karenanya, sebagai seorang guru harus memiliki kinerja yang kompeten agar menghasilkan peserta didik yang kompeten juga.
Kata-kata kunci: Pengembangan Kurikulum; Pembelajaran PKn; Kinerja Guru