MEMPERTAHANKAN IDENTITAS BANGSA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR
Abstract
Bahasa indonesia merupakan identitas penting bagi jati diri bangsa (Arifin, 2015). indonesia itu sendiri, karena penggunaan bahsa indonesia di setiap daerah-daerah tertentu sudah mulai luntur dan sudah mulai terkikis dengn seiring perkembangan jaman.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode penelitian ini lebih memfokuskan pada data-data kualitatif berisi informasi yang menggambarkan suatu keadaan yang sedang terjadi saat ini. Peran guru sebagai pendidik tentunya harus dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya menjadi jembatan penghubung antara orang tua dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran, sebagai pendidik atau guru juga sebagai salah satu yang memiliki peran penting dalam menjaga bahasa indonesai sebagai identitas bangsa melauli pembelajaran di kelas (Rahmawati, Salma, & Sari, 2022) Bahasa Indonesia adalah jati diri yang dimiliki oleh suatu bangsa. Bahsa Indonesia itu sudah disebut sebagai Bahasa persatuan yang di tanamkan dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Kata kunci: PKn, peran, Bahasa Indonesia.
References
Arifin, M. (2015). Mempertahankan Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 82–87.
Aziz, A. L. (2014). Penguatan identitas bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional dan bahasa persatuan jelang penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) 2015. Studi Sosial, 6(1), 14–20. Retrieved from http://lp2m.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/31.pdf
Budaya, B. K. (n.d.). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KERAGAMAN BUDAYA Zamzani Universitas Negeri Yogyakarta.
Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 3(1), 74. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.108
hanung, edwikko. (2019). Mempertahankan Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/tv27r
Marotang, W. (2020). Jurnal Inovasi BK,Volume 2, Nomor 2 Desember 2020. Jurnal Inovasi BK, 2(2), 78–83.
Masraeng, R. (2015). DIPLOMASI BAHASA MENJEMBATANI KERAGAMAN BAHASA DAERAH DAN PENGUTAMAAN BAHASA INDONESIA, 1(1), 155–167. https://doi.org/10.22225/jr.1.1.115.155-167
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Qonita, N. F. (2019). Dampak pendidikan tinggi terhadap etika sopan santun di kalangan pejabat. Jurnal Kewarganegaraan, 3(2), 60–64.
Rahmawati, M., Salma, S., & Sari, W. O. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004obsesi.v6i3.1802
Setyawati, R. (2013). Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. Jurnal Publikasi Ilmiah, 267–289.