TELAAH KURIKULUM 2013 DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
Abstract
Kurikulum merupakan hal yang paling utama dalam proses pendidikan, di mana kurikulum digunakan sebagai acuan bagi pendidik dan murid dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum pendidikan harus mengikuti situasi dan kondisi, seperti saat di masa pandemi ini, kegiatan pendidikan terbatas, sehingga mengharuskan guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam proses kegiatan pembelajaran. Maka dari itu dalam hal ini kita perlu menelaah kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaran di masa pandemi ini. Melalui tulisan ini, kami ingin mengetahui bagaimana sistem pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bekerja di masa pandemi dan tantangan serta solusi penerapan kurikulum di masa pandemi. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu kami ingin mengkaji permasalahan pembelajaran dalam menghadapi situasi pandemi seperti sekarang ini. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kualitatif, di mana metode ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari mengkaji buku, artikel, undang-undang yang dikumpulkan. Hasil yang didapatkan yaitu kegiatan pembelajaran menjadi terganggu akibat pandemi ini, namun pembelajaran harus tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi atau aplikasi pembelajaran jarak jauh. Kurukulum 2013 tetap bisa berjalan dengan baik dengan sistem pembelajaran daring, meski ada beberapa kekurangan dan kelebihan, namun Kurukulum 2013 ini dapat mengikuti perkembangan zaman.
Kata-kata kunci: kurikulum 2013; pembelajaran; pandemiReferences
Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat: Konsep dan Strategi Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Komara Nur Ikhsan, S. H. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 . Jurnal Ilmiah EDUKASI, 193-202.
Nara, E. S. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurrahmawati, A. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika). Yogyakarta: UAD Press.
Pohan, S. A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1191-1197.
Yasir, S. Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP IT Ad-Durrah Medan. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 14-28.
Yunansah, H. &. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 27-34.