PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMSARAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA DALAM SITUASI PANDEMI COVID 19

Authors

  • Eko Shella Rachmawaty Universitas Pamulang

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini tentu berpengaruh yang luas pada kehidupan masyarakat, salah satunya yakni dengan adanya media sosial, media sosial digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun jaringan melalui komunikasi online. Situasi darurat pandemi covid-19 ini, yang begitu banyak sekali menyita perhatian  berbagai aspek kehidupan. Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung cukup lama tentunya membuat keadaan bangsa kita ini mengalami perubahan yang sanagt eksplisit,termasuk di bidang ekonomi misalnya banyak masyarakat yang mengalami Pemutusan hubungan kerja. Maka untuk menyikapi hal tersebut alternatif usaha yang dapat dilakukan masyarakat yakni dengan membuka usaha baru di bidang industri rumah tangga baik itu barang, jasa, pangan bahkan olahan kerajinan. Metode yang digunakan dalam artikel kali ini yakni kajian literatur dan juga melihat situasi alamiah sekitar terkait dengan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk industri rumah tangga. Kemudian mengenai hasilnya yakni 1)biaya yang terjangkau, 2)Mudah dan cepat 3)Lebih mudah untuk dikelola. Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk industri rumah tangga ditengah situasi pandemi covid-19 ini merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan mengingat kita tetap bisa memasarkan produk kita tanpa harus mengeluarkan  biaya yang berlebih dan tetap dapat menjaga kesehatan serta dapat menjalankan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan ditengah situasi pandemi covid-19

Kata-kata kunci: Media Sosial, Industri Rumah Tangga, Pandemi Covid-19

 

References

Akhmad Khabib Alia,2015 “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta)†Vol 9 No 1 (2015): Duta.Com Vol. 9 No. 1 September 2015.

Arti kata manfaat - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (https://kbbi.web.id/manfaat. diakses pada Juni 2020)

Burhanuddin Chairul Iksan, Muhammad Nur Abdi. 2020â€ANCAMAN KRISIS EKONOMI GLOBAL DARI DAMPAK PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19)â€Volume 17 Nomor 1 Maret 2020Hal.90-98e-ISSN : 2621-4377 & p-ISSN : 1829-8524 Homepage : https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen

Definisi Pengertian Pemanfaatan - Definisi dan Pengertian Menurut Ahli (definisi-pengertian.com diakses pada Juni 2021)

Felix Reto, dkk. 2017 “Elements of strategic social media marketing: A holistic framework†Journal of Business Research. Volume 70, January 2017, Pages 118-126

Fitriyani Yuni, 2017 “Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat†Paradigma, Vol. 19, No. 2, September 2017. p-ISSN 1410-5063, e-ISSN: 2579-3500.

Indika Deru R. dan Cindy Jovita. 2017â€MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN â€Jurnal Bisnis Terapan25ISSN 2580 - 4928 Volume 01, Nomor 01, Juni 2017

Muhammad Robhit Andani, 2017 “Media marketing Website: Sarana Promosi, & Manfaat untuk Bisnis" (sekawanmedia.co.id diakses pada Juni 2020)

Muliati Ni Ketut 2020.â€Widya Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia Edisi Agustus 2020 78. Vol 2 No 2 (2020): Widya Akuntansi dan Keuangan https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/ widyaakuntansi/issue/view/58

Nanda Puspitasari, 2020 “ √ Pengertian Industri Rumah Tangga, Ciri, Manfaat, dan Contohnya | IPS Terpadu†(https://ipsterpadu.com/industri-rumah-tangga/#:~:text=Pengertian%20Indu stri%20Rumah%20Tangga%20Indust ri%20rumah%20tangga%20adalah,ru mah%20yang%20ada%20dalam%20 wilayah%20kota%20ataupun%20ped esaan. Diakses pada Juni 2021)

Pradiani Theresia, 2017. “PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHANâ€JIBEKA VOLUME 11 NOMOR 2 FEBRUARI 2017 : 46 -53.

Rohmah Afifatur, 2018 “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional â€KANAL (JURNA ILMU KOMUNIKASI), 6 (2), Maret 2018, 91-100ISSN 2302-6790 (print), ISSN 2541-2841(online,Link Jurnal: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/kana lLinkDOI:https://10.21070/kanal.v6i2. 1931

Sugeng Cahyono Anang, 2016 “Pengaruh Media Sosial Media terhada Perubahan Masyarakat di Indonesia â€. Jurnal Publiciana. Vol 9 No.1 (2016).

Sukmasetya Pristi Taufiq Haryanto; Fungki Ayu Sadewi; dkk, 2020.“Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry†COMMUNITY EMPOWERMENT Vol.05No.02(2020) pp.28-35p-ISSN: 2614-4964 e-ISSN: 2621-

Downloads

Published

2022-03-27

How to Cite

Rachmawaty, E. S. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMSARAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA DALAM SITUASI PANDEMI COVID 19. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(1), 26–37. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/19455