Pendekatan Klarifikasi Nilai dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Isma Nur Rohma Universitas Pamulang

Abstract

Pancasila merupakan norma dasar ssebagai sumber dari segala sumber hukum. Sifat abstrak Pancasila menjadi problem-solving yang cepat meresap ke dalam ranah alam konsep pemikiran bangsa. Urgensi Pancasila sebagai bangunan utama penyusun Pembukaan Konstitusi, menunjukkan peraturan tidak dapat dipisahkan dengan nilai Pancasila. Perkembangan teknologi serta media sosial, tidak serta merta menampilkan sisi baik. Kurikulum PPKn sendiri adalah acuan mewujudkan pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang merangsang peserta didik agar peserta didik berfikir kritis, rasional, dan kreatif. Konsep pendidikan di Indonesia sendiri selalu berubah dengan tujuan untuk mencari dan menemukan susunan terbaik seiring perubahan. Kurikulum ini menekankan pada keaktifan siswa untuk menemukan konsep pelajaran dengan guru berperan sebagai fasilitator. Nilai yang dimaksud berkaitan dengan etika sosial dan budaya, yang mana bangsa Indonesia mengedepankan sikap jujur, saling peduli, saling memahami, saling menghargai, saling mencintai, dan saling tolong menolong diantaranya. Bangsa ini dengan aktualisasi nilai Pancasila harus dapat menghidupkan kembali budaya malu berbuat kesalahan dan semua hal yang bertentangan dengan moral agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Author Biography

Isma Nur Rohma, Universitas Pamulang

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, PPKn

References

Adha, i iM. i iM. i i(2019). i iAdvantageous i

iof iVolunteerism i iValues i ifor

iIndonesian iCommunity i i iand i i

iNeighbourhoods. iInternational i

iJournal i iof iCommunity iService

iLearning, i3(2), i83-87.

Adha, iM. i(2015). iPendidikan

Kewarganegaraan

Mengoptimalisasikan Pemahaman

Perbedaan Budaya Warga

Masyarakat Indonesia Dalam

Kajian Manifestasi Pluralisme Di

Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah

Mimbar Demokrasi, 14(2), 1-10.

Atmadja, I Dewa Gede. (2013). Filsafat

Hukum Dimensi Tematis dan Historis.

Malang: Setara Press

Aunurrahman. i2012. iBelajar idan

iPembelajaran. iBandung: iAlfabeta

Farida, iAny. i(2016). iLandasan iEtis iNegara

iHukum iIndonesia idalam iBingkai

iPancasila. idalam iAbsori. i(2016).

iCita iHukum iPancasila, iRagam

iParadigma iHukum iBerkepribadian

iIndonesia. iSukoharjo: iPustaka iIltizam

Hair, i iJ. i iF., i iBlack, i iW. i iC., i iBabin, i iB. i

iJ., i i& iAnderson, iR. iE. i(2010).

iMultivariate iData iAnalysis. iHair

i(7th, i2010)iPearson.

Mulyasa. i2013. iPengembangan idan

iImplementasi iKurikulum i2013.

iBandung: iPT

Kaelan. i(2002). iFilsafat iPancasila,

iPandangan iHidup iBangsa iIndonesia.

iYogyakarta: iParadigma.

L. iTanya, iBernard, iet. ial. i(2010). iPancasila

iBingkai iHukum iIndonesia.

iYogyakarta: iGenta iPublishing.

Mulyadi, iYahya. iBelajar idan

iPembelajaran. iCianjur: iUniversitas

iSuryakancana.

Nova, iFirsan. i(2017). iRepublika.co.id. iHoax

idan iPudarnya iKejantanan

iBerpendapat.

Putranto, iHendar. i(2016). iIdeologi

iPancasila iBerbasisiMultikulturalisme.

iJakarta: iMitra iWacana iMedia iRemaja

iRosdakarya.

Safa'at, iAli. i(2016). iKonsep iHukum iH. iL.

iA iHart. iJakarta: iKonstitusi iPress

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Rohma, I. N. (2024). Pendekatan Klarifikasi Nilai dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 12–18. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/21422