Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Lidya Nur Azizah Universitas Pamulang
  • lili Nurlaili Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Kewarganegaraan, Siswa

Abstract

Indonesia saat ini sudah masuk kedalam masa evolusi industri 4.0 yang memberikan segala kemudahan bagi masyarakatnya untuk melakukan segala hal. Dewasa ini Indonesia ditanatang dengan perubahan budaya akibat perkembangan yang ada di tengah masyarakat Indonesia saat ini. Pergerseran budaya terutama dalam diri pelajar Indonesia menjadi suatu hal yang patut untuk diperhatikan, perubahan pada pelajar ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pengajar untuk tetap konsisten di tengah maraknya perubahan budaya akibat erupsi perkembangan industri 4.0 di Indonesia. Atas hal tersebut pendidikan karakter menjadi suatu hal yang sangat poko sebagai bentuk perlindungan negara melalui pencerdasan generasi kehidupan bangsa dikemudian hari melalui pendidikan kewarganegaraan pada siswa. Penulisan ini menggunakan metode penelitian á¹£kualitatif deskriptif yang mendapati hasil bahwa; pendidikan kewarganegaraan hakikatnya dilakukan dengan bobot pendidikan karakter pada siswa sebagai calon pemimpin masa depan yang mengaitkan perilaku aspek nilai karakter pada tujuan PKN, selain itu pendidikan karakter melalui PKN terlaksana dengan tugas konsep pembukaan, isi, penutup dalam pelaksanaannya agar efisien.

 

Kata-kata kunci: pendidikan; karakter; kewarganegaraan; siswa

Author Biography

Lidya Nur Azizah, Universitas Pamulang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Susiatik, Titik. (2013). “Pengaruh Pembelajaran PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswaâ€. Majalah Ilmiah Pawiyatan, vol: XX, No : 4, Oktober 2013.

Rosyada, Dede. et.al. (2003). Pendidikan Kewarganegaraan: Civic Education Demokrasi, Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Kusuma A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. http:// www. mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pa ges/urgensi.html.diakses tanggal 24 Juni 2022-08-19.

Poerwadarminta, (1992). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaelan, (2010). Pendidikan pancasila untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Azizah, L. N., & lili Nurlaili. (2024). Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 57–63. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/21513